Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Kapal Tenaga Surya UI Harumkan Indonesia di Dunia

Rep: Wilda Fizriyani
Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik UI memeriksa mesin Kapal Plat Datar hasil inovasi mereka sebelum melakukan ujicoba di Danau Kenanga Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (9/5).
Antara/Indrianto Eko Suwarso Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik UI memeriksa mesin Kapal Plat Datar hasil inovasi mereka sebelum melakukan ujicoba di Danau Kenanga Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Solar Boat Team (SBT) sukses mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kapal Si Jagur atau Jaya Satria Garuda yang bertenaga surya ini berhasil meraih peringkat kedua di Asia dan ke-15 di dunia dalam ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge 2016 di Belanda pada 30 Juni hingga 9 Juli lalu.

Sponsored
Sponsored Ads

Ketua SBT UI Pradhana Sadhu menerangkan, sebanyak 35 tim yang berasal dari 14 negara telah mengikuti ajang akbar itu. Negara seperti Belanda, Belgia, Brazil, Turki, Polandia, China dan Hungaria ini sukses saling berkompetisi dalam rangka menciptakan sebuah transportasi laut bertenaga surya. 

Kapal Si Jagur sendiri mengusung konsep sumber energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan. "Dengan menggunakan tenaga matahari sebagai penggerak kapal," kata Pradhana melalui keterangan resminya, Selasa (12/7).  

Scroll untuk membaca

Kapal ini juga dianggap unik karena desainnya terinspirasi dari kapal khas Indonesia yaitu cukung yang memiliki konsep trimaran atau kapal dengan tiga lambung yang saling terhubung. Menurut di, trimaran ini mampu membuat kapal lebih stabil, bermanuver baik, luas bidang basah lebih kecil serta lebih cepat. 

SBT UI telah mengikuti seleksi kompetisi mulai dari merancang hingga merakit sendiri solar boat melalui delapan tahapan seleksi. Saat berada di Belanda pun, dia melanjutkan, Si Jagur juga harus melalui sejumlah tes sebelum melaju bertanding. Beberapa di antaranya, seperti swimming and inspection test yang kemudian dilanjutkan dengan parade solar boat menyusuri kanal-kanal Amsterdam. Selanjutnya, kapal bertanding dengan menggunakan penilaian yaitu sprint, challenge, time trial, top speed, dan endurance.

Sebagai informasi, kapal dengan panjang enam meter serta berat 25 kilogram ini menggunakan bahan composite fiber pada badan kapal. Kemudian memanfaatkan solar panel 260 WP sehingga mampu mencapai efisiensi solar panel sebanyak 20 persen. Proses brainstorm dan desain dilakukan selama enam bulan sedangkan perakitan kapal memakan waktu selama satu bulan. 

Tim SBT UI merupakan 14 mahasiswa multidisiplin keilmuan teknik yang terdiri atas Pradhana Sadhu, Rizka Yulianti, Hafizha Mulyasih, Sigit Yoga, Andika Aldi dan Sandy Sugandhy. Selanjutnya,  Aufa Yusuf, Dendi Nurachman, M. Hanafi Lubis,  Didit Andika, Ryan Dwi,  Danurwendo, Aldy Syarihadin dan Yusro Fahmi.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>