Rabu 10 May 2017 15:33 WIB

Glenn Fredly Ciptakan Lagu untuk Hutan Indonesia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Penyanyi Glenn Fredly bernyanyi saat konser 20 tahun berkarya untuk Indonesia di Ballroom Four Points Hotel Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/8) malam.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Penyanyi Glenn Fredly bernyanyi saat konser 20 tahun berkarya untuk Indonesia di Ballroom Four Points Hotel Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/8) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Glenn Fredly mempersembahkan lagu khusus untuk hutan Indonesia. Lagu itu berjudul Manusela yang terinspirasi dari rerimbun hutan Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Maluku, yang beberapa waktu silam ia sambangi.

"Perjalanan ke Manusela benar-benar luar biasa. Saat masuk ke dalam hutan, saya yang lahir dan besar di Jakarta merasa emosional, seperti kembali ke akar saya, melihat Indonesia yang sesungguhnya," ungkapnya.

Pria kelahiran 30 September 1975 itu mengaku seakan diingatkan dengan tanah leluhurnya, Maluku. Hutan Manusela disebut Glenn amat kaya dengan beragam spesies burung indah, membuatnya jatuh cinta pada alamnya, serta hendak membagikan apa yang ia simak kepada banyak orang lewat lagu.

Glenn menyambangi hutan bukan tanpa alasan. Bersama sejumlah musisi Indonesia lain, pelantun lagu "Terpesona" itu tergerak untuk berpartisipasi dalam Musika Foresta yang digagas oleh kelompok bernama Gerakan Hutan Itu Indonesia.

Musika Foresta mengajak para musikus menjelajah hutan, menggubah pengalaman jadi lagu, lantas menyajikannya lewat konser pada Sabtu, 13 Mei 2017 mendatang. Selain Glenn Fredly, para musisi yang terlibat dalam proyek termasuk penyanyi Astrid Sartiasari, Achi Hardjakusumah, Alam Urbach, dan banyak nama lain.

Tidak hanya belajar perspektif baru soal alam dan ekosistem, Glenn juga mencermati interaksi sosial di sekitar area hutan. Ia berjumpa suku pedalaman, bergaul akrab dengan penduduk setempat, dan menjumpai sisi sejati Indonesia yang selama ini menurutnya "terlewat" seperti gotong-royong dan banyak nilai berharga lain.

"Bersyukur bisa merasakan pengalaman ini, dan saya pikir penting bagaimana musik bisa berperan penting. Musik bukan lagi sekadar hiburan tetapi bisa memberi pesan tentang harapan, menerjemahkan isu bersama seperti pelestarian hutan dan alam," tutur personel grup musik Trio Lestari itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement