Jumat 10 Jan 2020 12:29 WIB

13 Negara Muslim Jadi Lokasi Pangkalan Militer AS

Militer AS memiliki pangkalan militer di Timur Tengah hingga Afrika.

Rep: Febryan A/ Red: Nur Aini
Foto udara pangkalan militer di Guam, Amerika Serikat.
Foto: EPA
Foto udara pangkalan militer di Guam, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iran telah menyerukan agar tentara Amerika Serikat (AS) diusir dari wilayah negara Muslim, terutama Timur Tengah. Seruan itu menyusul dibunuhnya jenderal senior Iran Qassem Soleimani oleh pesawat nirawak AS atas perintah langsung Donald Trump.

Kematian Soleimani terjadi di Irak pada 3 Januari 2019. Tak lama berselang, parlemen Irak mengeluarkan resolusi agar Pemerintah Irak mengusir tentara AS dari negara itu. Meski belum disetujui, tetapi Donald Trump sudah memberikan ancaman. Ia akan menjatuhkan sanksi bagi Irak jika militer AS diusir.

Baca Juga

Seruan Iran tampaknya tak akan berjalan mudah. Terlebih, militer AS memiliki banyak pangkalan militer di Timur Tengah. Dikutip dari laman 5 Pillars, Jumat (10/1), terdapat 13 negara Muslim yang menjadi pangkalan militer AS di seluruh dunia.

1. Arab Saudi.

Tahun lalu, Donald Trump mengonfirmasi rencana penguatan militer AS di Arab Saudi berjalan lancar. Sebanyak 3.000 tentara direncanakan menggelar misi yang disebut mencegah agresi Iran.

Misi itu juga disertai semua aset militer AS di Arab Saudi, di antaranya sistem radar dan rudal untuk meningkatkan pertahanan udara, sayap ekspedisi udara untuk mendukung pesawat tempur, dan dua skuadron tempur.

2. Turki

Pangkalan Udara Incirlik di Turki digunakan oleh Angkatan Udara AS yang menampung sekitar 5.000 penerbang. Senjata nuklir taktis disimpan di pangkalan tersebut, di antaranya lebih dari 50 bom nuklir B61.

3. Qatar

Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar merupakan markas Komando Sentral Angkatan Udara AS. Menurut laporan media pada Juni 2017, pangkalan tersebut menampung lebih dari 100 pesawat operasional dan 11.000 pasukan koalisi anti-ISIS yang dipimpin oleh AS.

4. Kuwait

Di Kuwait, militer AS memiliki pangkalan militer Angkatan Darat yang bernama Camp Arifjan. Tapi, pangkalan itu juga menampung unsur-unsur Angkatan Udara AS, Angkatan Laut AS, Korps Marinir AS, dan Penjaga Pantai AS.

Ribuan anggota layanan dan kontraktor melewati Camp Arifjan baik dalam perjalanan mereka ke atau dari Irak, Afghanistan, atau negara-negara lain di Asia Barat Daya.

5. Uni Emirates Arab

Terdapat sekitar 3.500 personel militer Amerika yang ditempatkan di Pangkalan Udara Al Dhafra di Abu Dhabi. Pangkalan tersebut adalah salah satu pangkalan militer utama AS di wilayah tersebut.

6. Irak

Pada 2014, perkembangan ISIS dari Suriah ke provinsi-provinsi barat Irak mendorong AS untuk melakukan intervensi lagi di Irak. Pada Januari 2019, Sekretaris Negara AS Mike Pompeo menyebut, jumlah pasukan AS di Irak sekitar 5.000 orang.

Pangkalan udara al-Assad, yang menampung pasukan AS, adalah salah satu pangkalan militer terbesar dan tertua di Irak. Pangkalan militer lain di Erbil, yang menjadi target serangan balasan Iran dengan menembakkan misil, terletak di wilayah semi-otonomi Kurdi Irak. Wilayah itu dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kurdistan yang merupakan sekutu kuat AS.

7. Suriah

Pada Oktober 2019, pemeritahan Trump menarik 1.000 tentara dari Suriah. Alih-alih menjaga ladang minyak dan gas dan infrastruktur di Suriah timur dari serangan ISIS, AS secara serentak memindahkan lebih banyak sumber daya ke Provinsi Deir ez-Zor yang kaya minyak. Ketika digabungkan dengan garnisun AS di al-Tanf, jumlah pasukan darurat mencapai 800-900 personel.

8. Bahrain

Aktivitas Dukungan Angkatan Laut Bahrain (NSA Bahrain) merupakan pangkalan sekaligus pusat Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima AS. Pangkalan ini merupakan pangkalan utama AS di kawasan untuk kegiatan laut dalam mendukung aktivitas militer AS di Irak dan Afghanistan.

9. Oman

Pangkalan udara Thumrait di Provinsi Dhofar menjadi salah satu pangkalan Angkatan Udara AS di Oman.

10. Afganistan

Tahun lalu komandan top Amerika di Afghanistan, Jenderal Austin S. Miller, mengatakan bahwa ukuran pasukan di negara itu telah berkurang 2.000 orang selama tahun lalu. Jumlahnya saat ini sekitar 12.000 hingga 13.000 prajurit.

11. Djibouti

Camp Lemonnier adalah Pangkalan Ekspedisi Angkatan Laut Amerika Serikat yang terletak di Kota Djibouti dan merupakan rumah bagi Gugus Tugas Gabungan Bersama - Tanduk Afrika (CJTF-HOA) Komando Afrika di AS. Itu adalah satu-satunya pangkalan militer AS yang permanen di Afrika.

12. Nigeria

Pangkalan Udara Nigeria 201 adalah pangkalan udara pesawat nirawak AS yang terletak di dekat Agadez. Pangkalan itu milik militer Nigeria tetapi dibangun dan dibayar oleh AS.

13. Kosovo

Kosovo adalah satu-satunya negara di Eropa yang menjadi pangkalan AS. Camp Bondsteel adalah pangkalan utama Angkatan Darat AS di bawah komando KFOR di Kosovo. Pangkalan tersebut berfungsi sebagai markas NATO untuk Grup Pertempuran Multinasional Timur KFOR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement