Kamis 23 Jan 2020 01:17 WIB

Chicharito Antusias Berkarier di MLS

Chicharito akan berkarier di Amerika Serikat bersama LA Galaxy.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani
Striker timnas Meksiko, Javier Chicharito Hernandez.
Foto: EPA/Tolga Bozoglu
Striker timnas Meksiko, Javier Chicharito Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Javier Hernandez Balcazar memasuki petualangan baru. Penyerang asal Meksiko yang pernah malang-melintang di berbagai kompetisi top Eropa itu kini berlabuh di Liga Sepak Bola Amerika Serikat (MLS).

Mulai musim 2020, sosok yang sering disapa Chicharito tersebut, memperkuat Los Angeles (LA) Galaxy. Dalam pernyataannya, pesepak bola 31 tahun ini mengaku antusias. Ia tak sabar merumput di panggung lapangan hijau Negeri Paman Sam.

Baca Juga

"Saya sangat gembira. Saya menantikan ini. Menjadi seorang pemain LA Galaxy. Saya di sini bukan untuk memasuki fase pensiun, saya ingin terus berkembang sebagai pribadi, dan pemain sepak bola," kata Hernandez, dikutip dari situs resmi MLS, Rabu (22/1).

Menurut New York Times, demi mendapatkan jagoan Meksiko itu, Galaxy menyerahkan dana 10 juta dolar kepada Sevilla. Hernandez bakal mendapat upah 6 juta dolar AS per tahun. Itu bayaran tertinggi untuk seorang pesepak bola yang tampil di MLS.

Klub tersebut terkenal dengan kebiasaan menampung pemain-pemain jebolan liga top Eropa. Tentu saja sejumlah sosok tersebut, sudah melewati masa emas mereka. Sebelum Hernandez, ada Robbie Keane, Landon Donovan, Steven Gerrard, Ashley Cole.

Kemudian David Beckham, hingga Zlatan Ibrahimovic. Chicharito datang persis setelah Ibra enggan melanjutkan kontrak dengan klub tersebut. Manajer Umum La Galaxy, Dennis te Kloese puas dengan penandatangan terbaru mereka ini.

"Javier secara konsisten mencetak gol di liga-liga top Eropa. Dia telah menjadi pemain paling sukses dari negaranya, dalam satu dekade terakhir. Kami sangat senang membawa Javier ke Los Angeles," ujar Dennis.

Tak berlebihan apa yang diterangkan petinggi La Galaxy itu. Hernandez adalah top skorer sepanjang masa timnas Meksiko dengan 52 gol. Selama di benua biru, yang bersangkutan pernah memperkuat sederet tim elit macam, Manchester United, Real Madrid, Bayer Leverkusen, West Ham United, dan Sevilla.

Sebelum bertolak ke Eropa, Hernandez berkostum Guadalajara dari 2006 hingga 2010. Jika ditotal semuanya, ia telah tampil dalam 424 laga di berbagai ajang, dan mencetak 156 gol. Itu masih di level klub.

Menarik dinantikan petualangan Chicharito di negeri Paman Sam. Seorang penyerang yang memiliki naluri membunuh di kotak penalti lawan. Bukan perkara mudah baginya menggantikan peran Ibrahimovic di LA Galaxy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement