Jumat 31 Jan 2020 18:22 WIB

Perenang Berpengalaman akan Susuri P Maratua-Kakaban

Perenang berpengalaman asal Tarakan akan berenang dari P Maratua ke Kakaban.

  Dermaga di Pulau Kakaban yang terletak di antara Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua. Perjalanan dengan speed boat dari Pulau Derawan ke Pulau Kakaban ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.  Seorang perenang berpengalaman akan berenang dari Pulau Maratua ke Kakaban dalam empat jam, Ahad (2/2).
Dermaga di Pulau Kakaban yang terletak di antara Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua. Perjalanan dengan speed boat dari Pulau Derawan ke Pulau Kakaban ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Seorang perenang berpengalaman akan berenang dari Pulau Maratua ke Kakaban dalam empat jam, Ahad (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN -- Perenang asal Tarakan, Ibrahim Rusli, yang akrab dipanggil Ahim akan berenang dari Pulau Maratua menuju Kakaban, Kabupaten Berau pada Ahad (2/2). Ia diperkirakan akan menempuh rute tersebut dalam empat jam.

"Start dari Maratua menuju Kakaban berjarak 7.900 meter dengan waktu tempuh sekitar empat jam," kata Ahim di kediaman Wali Kota Tarakan Khairul di Tarakan, Jumat.

Baca Juga

Ahim mengatakan bahwa persiapan untuk dapat berenang dengan jarak tempuh tersebut sekitar tiga bulan. Selama itu, ia rajin jogging dan renang di embung Bengawan, Tarakan.

Ahim mengemukakan, ia sudah 14 kali berenang dengan jarak jauh, terakhir di Gili Air, Lombok. Tujuannya hanya untuk kenang-kenangan di museum pribadi.

Menurut Ahim, rintangan selama mengarungi samudera dengan jarak cukup panjang adalah gelombang dan arus. Hewan laut, terutama baracuda, juga menjadi kendala bagi perenang.

"Agenda ini terlaksana berkat bantuan Wali Kota Tarakan, Pemkot Tarakan, dan Pemkab Berau," kata PNS Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Pemkot Tarakan.

Sementara itu, Khairul mengatakan, Ahim adalah teman lamanya. Kegiatan renang dari Maratua ke Kakaban merupakan agenda yang didanai pribadi.

"Dulu, Ahim ini kalau mau kegiatan renang jarak jauh sowan dulu. Kegiatan renang jarak jauh yang dilakukan Ahim merupakan hobi yang bagus, juga untuk mempromosikan pariwisata Tarakan dan Berau," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement