Ini Alasan Haaland ke Dortmund Ketimbang Manchester United

Haaland mengaku kalau ia tak banyak terlibat dalam proses negosiasi transfer.

EPA-EFE/LUKAS BARTH
Erling Haaland
Rep: Eko Supriyadi Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Erling Haalanad memutuskan untuk ganti klub pada bursa transfer Januari lalu. Mantan striker RB Salzburg tersebut memilih Borussia Dortmund ketimbang Manchester United, yang saat proses transfer juga telah melakukan negosiasi.

Haaland sebenarnya mengungkapkan kalau ia tertarik untuk dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Namun pada akhirnya ia lebih memilih bermain di Bundesliga Jerman dibandingkan Liga Primer Inggris.

''Ole Gunnar Solskjaer sangat penting bagi saya dalam mencapai tempat saya saat ini. Tapi kami menyimpulkan Dortmund adalah opsi terbaik untuk saya. Itulah yang saya rasakan dan oleh karena itu pilihannya adalah Dortmund,'' ujar Haaland dikutip dari AS, Jumat (14/2).

Haaland menceritakan, saat musim di kompetisi Austria berakhir, ia dan ayahnya mulai memikirkan masa depan. Saat itu, pemain berusia 19 tahun tersebut mengungkapkan kalau ayahnya tak secara spesifik menyebutkan Dortmund. Namun, saat bertanya soal Dortmund ke ayahnya, Alf-Inge Haaland, sang ayah pun hanya mengatakan 'lihat saja nanti'.

''Tiba-tiba Dortmund jadi pilihan dan kemudian itulah apa yang saya rasakan sejauh ini. Prosesnya sangat sederhana,'' jelas Haaland.

Haaland mengaku kalau ia tak banyak terlibat dalam proses negosiasi, sampai paruh musim ini selesai. Sebab, yang diinginkannya hanyalah bisa bermain sepak bola. Karena prosesnya adalah yang terpenting menemukan klub sebaik mungkin untuknya, ''Jadi, sejujurnya, saya tidak banyak berperan untuk melakukannya,'' kata Haaland.

Baca Juga


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terkait
Berita Terpopuler