Kamis 20 Feb 2020 23:31 WIB

Ketua KOI Pastikan Perhelatan Olimpiade 2020 Tetap Digelar

Ketua KOI telah berkomunikasi dengan Komite IOC dan NOC Jepang

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. Ketua KOI telah berkomunikasi dengan Komite IOC dan NOC Jepang
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. Ketua KOI telah berkomunikasi dengan Komite IOC dan NOC Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari memastikan perhelatan Olimpiade 2020 Tokyo tetap digelar sesuai jadwal meski hingga kini, isu wabah corona masih menjadi ketakutan dan kekhawatiran banyak pihak.

Hal itu disampaikan Okto setelah pihaknya berkomunikasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan National Olympic Committee (NOC) Jepang selaku tuan rumah.

"Olimpiade 2020 on the track karena virus corona tidak bisa hidup di musim panas," kata Okto di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (20/2).

Panitia penyelenggara Olimpiade 2020 dan NOC Jepang, menurutnya juga percaya diri jika pesta olahraga itu tetap digelar sesuai jadwal awal. Apalagi Olimpiade akan berlangsung pada musim panas saat penyebaran virus akan menurun karena suhu yang kian meningkat.

"Kita tahu suhu saat Olimpiade 2020 nanti akan cukup panas. Jadi virus corona tak akan menghambat persiapan mereka," ujarnya. Musim panas di Jepang biasanya berlangsung pada Juni-Agustus. Adapun Olimpiade dijadwalkan bergulir 24 Juli-9 Agustus.

Okto menambahkan, Jepang juga tidak mungkin membatalkan ataupun menunda penyelenggaraan Olimpiade 2020 karena itu akan menjadi kerugian besar bagi mereka yang telah menggelontorkan biaya yang sangat besar.

"Jepang sudah keluarkan banyak uang untuk menjadi tuan rumah. Karena sebelumnya mereka pernah kalah bidding di Olimpiade 2016. Saat itu mereka menghabiskan uang sekitar Rp 1,7 triliun," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement