Setien Jamin Fokus Penggawa Barcelona tak Terganggu

Kasus internal sempat dikhawatirkan ganggu fokus dan penurunan performa Barcelona.

AP Photo/Miguel Morenatti
Pelatih Barcelona, Quequi Setien.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Quique Setien, menegaskan, anak-anak asuhnya akan tetap fokus dengan persiapan untuk memetik tiga angka kala menghadapi Eibar di Stadion Camp Nou pada jornada ke-25 La Liga Spanyol, Sabtu (22/2) malam WIB. Sebelumnya, sejumlah polemik di luar lapangan hijau, yang melibatkan petinggi Barcelona dan pemain, sempat dikhawatirkan mengganggu fokus para pemain dan berujung pada menurunnya performa Barcelona.

Dalam satu pekan terakhir, tim asal Katalan itu memang digoyang skandal yang melibatkan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartemou, dan sejumlah pihak, termasuk pemain dan mantan pemain Barcelona. Bartemou diduga mengontrak pihak ketiga untuk menjatuhkan kredilitas dan reputasi sejumlah pemain dan legenda klub di dunia maya.

Namun, ini bukan polemik yang pertama yang menerpa Barcelona. Sebelumnya, Lionel Messi mengkritik pernyataan Direktur Sepak Bola Barcelona, Eric Abidal, yang dinilai menyalahkan pemain atas performa buruk Barcelona pada awal musim ini. Silang pendapat antara Messi dan Abidal ini tentu berimbas pada suasana dan kondisi Barcelona.

Namun, Setien menegaskan, anak-anak asuhnya tidak terpengaruh dengan polemik di luar lapangan hijau tersebut. ''Anda mungkin berpikir, berbagai polemik itu mengganggu kami, tapi sebenarnya tidak. Kami tetap fokus dengan apa yang harus kami lakukan. Kami tahu apa yang terjadi, tapi itu tidak mengubah apapun. Kami tetap fokus untuk bisa tampil apik, dan berusaha memberikan yang terbaik buat fan,'' kata Setien seperti dikutip One Football, Sabtu (22/2).

Bahkan, mantan pelatih Real Betis itu menganggap, laga lawatan Eibar ke Camp Nou itu layaknya laga final. Terlebih, pasca-laga tersebut, Barcelona mesti melakoni laga berat, baik di pentas Liga Champions ataupun di kancah La Liga. Setelah menghadapi Eibar, La Blaugrana akan melakoni laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, kontra Napoli, pertengahan pekan depan. Kemudian diikuti lawatan ke markas Real Madrid dalam laga bertajuk el clasico di lanjutan La Liga, akhir pekan depan.

''Setelah laga kontra Eibar, kami akan melakoni laga-laga penting. Karena itu, kami mengganggap laga menghadapi Eibar adalah laga final. Tidak hanya demi terus menjaga raihan poin penuh, tapi demi bisa menemukan performa terbaik kami sebelum tampil di dua laga berikutnya,'' tegas pelatih asal Spanyol tersebut.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler