Sabtu 09 May 2020 15:16 WIB

China Bersedia Bantu Korut Atasi Pandemi Covid-19

Hingga saat ini Korut belum melaporkan kasus infeksi Covid-19.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Presiden Cina Xi Jinping
Foto: MgIT03
Ilustrasi Presiden Cina Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China bersedia membantu Korea Utara (Korut) untuk melawan pandemi virus corona. Hal itu dinyatakan Presiden Xi Jinping dalam sebuah surat yang dikirim untuk Pemimpin Korut, Kim Jong-un, seperti dikutip oleh televisi pemerintah.

Dalam surat tersebut, Xi mengatakan sangat prihatin dengan situasi dan kondisi kesehatan rakyat Korut. Xi menambahkan, upaya China dalam mengendalikan penyebaran pandemi virus corona telah mencapai hasil yang positif.

Hingga saat ini, Korut belum melaporkan kasus infeksi virus corona dan para ahli meragukan hal tersebut. Meski belum ditemukan kasus infeksi virus corona, Korut telah meningkatkan upaya pencegahan dengan memberlakukan masa karantina selama 30 hari. Semua lembaga pemerintah serta orang asing yang tinggal di Korut, wajib mematuhi aturan masa karantina itu.

Korut selama ini dikenal sebagai salah satu negara paling tertutup. Pandemi virus corona telah membuat Korut semakin terisolasi dengan menghentikan penerbangan dan layanan kereta api. Selain itu, Korut mewajibkan karantina selama berminggu-minggu bagi orang asing yang baru datang, menghentikan pariwisata internasional, dan menutup perbatasan.

Sejumlah organisasi kemanusiaan mengatakan, Korut sangat rentan terhadap pandemi karena tidak memiliki sistem dan sumber daya kesehatan memadai. Sistem kesehatan di Korut terbilang buruk karena negara tersebut mendapatkan sanksi internasional atas senjata nuklir dan program rudal balistik.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement