Kamis 21 May 2020 10:23 WIB

Ibnu Taimiyah Hingga Albani Soal Baca Alquran untuk Almarhum

Hukum hadiahkan bacaan Alquran untuk almarhum dikaji ulama.

Hukum hadiahkan bacaan Alquran untuk almarhum dikaji ulama. Membaca Alquran (Ilustrasi)
Foto: Republika TV
Hukum hadiahkan bacaan Alquran untuk almarhum dikaji ulama. Membaca Alquran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Membaca Alquran pada dasarnya pahala kembali kepada yang membaca. Muncul pertanyaan apakah boleh menghadiahkan bacaan Alquran untuk orang yang sudan meninggal?

Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, KH Ma’ruf Khozin, menegaskan pada dasarnya ulama empat madzhab sepakat boleh menghadiahkan bacaan Alquran untuk almarhum.

Baca Juga

Namun, Kiai Ma’ruf mencoba menjabarkan pendapat sejumlah kalangan yang selama ini diidentikkan tidak setuju dengan hadiah pahala bacaan Alquran untuk almarhum. Berikut ini penjelasan sejumlah ulama ‘salafi’ terkait dengan hukum hadiah bacaan alquran untuk almarhum: 

Syekh Ibnu Taimiyah

 

Secara khusus membaca tahlil dan dzikir lainnya yang dihadiahkan pahalanya untuk orang yang sudah wafat difatwakan Ibnu Taimiyah:

ﻭﺳﺌﻞ: ﻋﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺃﻫﻞ اﻟﻤﻴﺖ ﺗﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ؟ ﻭاﻟﺘﺴﺒﻴﺢ ﻭاﻟﺘﺤﻤﻴﺪ ﻭاﻟﺘﻬﻠﻴﻞ ﻭاﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﺇﺫا ﺃﻫﺪاﻩ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﻴﺖ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺛﻮاﺑﻬﺎ ﺃﻡ ﻻ؟ 

Ibnu Taimiyah ditanya tentang bacaan keluarga mayit apakah sampai kepada mayit? Berupa bacaan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir, jika dihadiahkan kepada mayit apakah pahalanya sampai?

ﻓﺄﺟﺎﺏ: ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﻴﺖ ﻗﺮاءﺓ ﺃﻫﻠﻪ ﻭﺗﺴﺒﻴﺤﻬﻢ ﻭﺗﻜﺒﻴﺮﻫﻢ ﻭﺳﺎﺋﺮ ﺫﻛﺮﻫﻢ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﺫا ﺃﻫﺪﻭﻩ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﻴﺖ ﻭﺻﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ.

Ibnu Taimiyah menjawab: "Bacaan keluarga mereka bisa sampai kepada mayit, baik tasbih, takbir dan dzikir mereka karena Allah. Bila mereka menghadiahkan bacaan itu kepada mayit maka akan sampai. Wallahu A'lam" (Majmu' Fatawa 24/324)

Syekh Utsaimin

Syekh Utsaimin ditanya tentang masalah kirim pahala Alquran kepada orang yang sudah wafat. Beliau menjawab dengan dua pendapat ulama. Di antara kutipan dari tulisan beliau adalah:

اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻧﻪ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﺬﻟﻚ ﻭﺃﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻹﻧﺴﺎﻥ ﺃﻥ ﻳﻘﺮﺃ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﻨﻴﺔ ﺃﻧﻪ ﻟﻔﻼﻥ ﺃﻭ ﻓﻼﻧﺔ ﻣﻦ اﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ، ﺳﻮاء ﻛﺎﻥ ﻗﺮﻳﺒﺎ ﺃﻭ ﻏﻴﺮ ﻗﺮﻳﺐ.

Kedua, bahwa mayit menerima manfaat dengan bacaan Alquran. Dan boleh bagi seseorang untuk membaca Alquran dengan niat agar pahalanya diberikan kepada fulan atau fulanah dari umat Islam, baik kerabat atau bukan kerabat.

Tarjih Syekh Utsaimin:

ﻭاﻟﺮاﺟﺢ: اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺜﺎﻧﻲ ﻷﻧﻪ ﻭﺭﺩ ﻓﻲ ﺟﻨﺲ اﻟﻌﺒﺎﺩاﺕ ﺟﻮاﺯ ﺻﺮﻓﻬﺎ ﻟﻠﻤﻴﺖ

Pendapat yang kuat adalah pendapat kedua, sebab terdapat dalil sahih dalam jenis ibadah yang dapat diperuntukkan bagi mayit (Majmu' Fatawa Wa Rasail 2/305-306)

Syekh Albani

Syekh Albani yang sering dijadikan rujukan para pengikutnya di Indonesia khususnya di bidang hadits dan beberapa fatwa fiqihnya, ternyata memiliki pendapat sendiri soal kirim pahala Alquran:

وَخُلَاصَةُ ذَلِكَ أَنَّ لِلْوَلَدِ أَنْ يَتَصَدَّقَ وَيَصُوْمَ وَيَحُجَّ وَيَعْتَمِرَ وَيَقْرَأَ الْقُرْآنَ عَنْ وَالِدَيْهِ لِأَنَّهُ مِنْ سَعْيِهِمَا ، وَلَيْسَ لَهُ ذَلِكَ عَنْ غَيْرِهِمَا إِلَّا مَا خَصَّهُ الدَّلِيْلُ مِمَّا سَبَقَتِ الْإِشَارَةُ إِلَيْهِ . و الله أعلم . (السلسلة الصحيحة - ج 1 / ص 483 

“Kesimpulannya, bahwa anak boleh bersedekah, berpuasa, berhaji, berumrah, dan membaca Alquran untuk kedua orag tuanya. Sebab anak merupakan usaha orang tua (Najm 39). Dan anak tersebut tidak bisa melakukan itu semua untuk selain orang tuanya, kecuali yang dikhususkan oleh dalil, yang telah dijelaskan” (al-Silsilah al-Sahihah, 1/483)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement