Rabu 27 May 2020 00:34 WIB

Khabib: Pertarungan Paling Berkesan, 21 Bantingan 15 Menit

Khabib Nurmagomedov membanting Abel Trujillo sebanyak 21 kali.

Khabib Nurmagomedov.
Foto: Dok. IG Khabib
Khabib Nurmagomedov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petarung MMA asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, memosting video UFC 160 lewat akun instagram khabib_nurmagomedov pada Selasa (26/5). Dalam pertarungan lawan Abel Trujillo pada 2013 tersebut, Khabib berhasil melakukan 21 bantingan dari 27 upayanya selama 3 x 5 menit pertarungan.

‘’Pada pertarungan ini, yang berlangsung tujuh tahun silam, saya mencatatkan rekor UFC yakni 21 bantingan dalam satu pertarungan,’’ tulis Khabib.

Khabib sangat terkesan dengan rekor 21 bantingan (take down) tersebut. Apalagi, The Eagle melakukannya dalam kondisi tidak prima karena baru pulih dari cidera. ‘’Sebulan sebelum pertandingan, saya mengalami cidera lutut dan tidak mampu membanting lawan,’’ tulis Khabib. 

Namun, kata Khabib, keputusannya sederhana saja. Dia saat itu hanya berpikir menyerang dan menyerang.

‘’Keputusan yang diambil saat itu sederhana saja. Hanya mengikat lalu melempar lawan selama 15 menit pertarungan,’’ katanya. ‘’Jika ada keinginan kuat, pasti selalu ada jalan.’’

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) pada

Duel Grappling

Khabib selama ini memang dikenal ahli dalam grappling dengan mengandalkan bantingan, kuncian, pitingan dan bela diri sambo dalam pertempuran jarak dekat ground fighting. Namun, Khabib juga mampu meladeni petarung bergaya striking yang lebih banyak melakukan serangan pukulan, sikutan dan tendangan dalam pertarungan standing fighting

Seperti dikutip Essentiallysports.com, pertarungan UFC 160 menjadi menarik karena Abel Trujillo juga dikenal sebagai petarung grappling. Dia sudah mengikuti kompetisi gulat sejak semasa sekolah. Trujillo juga empat kali meraih penghargaan NAIA All-American untuk kategori gulat.

Karena itu, Khabib selalu gagal mengunci Trujillo meski berhasil membantingnya sebanyak 21 kali. Trujillo sudah paham ketika menghadapi petarung yang mengandalkan grappling. Namun kualitas Trujillo kalah jauh sehingga tidak bisa mengimbangi dominasi Khabib di arena pertarungan octagon.

Kehilangan Bonus

UFC 160 harus dimainkan dalam kategori catchweight fight, bukan pertarungan divisi karena Khabib melebihi batas timbangan dengan bobot 158,5 pound (71,8 kg). Berat badannya lebih sekitar dua pound dari batas timbangan 156 pound (70,7 kg).

Ketika petarung tidak bisa memenuhi batas timbangan, UFC bisa menawarkan pertarungan catchweight fight yang bukan pertarungan divisi atau perebutan gelar juara. Dan, pertarungan catchweight fight memiliki konsekuensi bagi petarung yang tidak bisa memenuhi batas timbangan yakni kehilangan bonus pertandingan.

Khabib kehilangan bonusnya meski mampu memenangkan  UFC 160. Bonusnya menjadi milik Trujillo.

Namun demikian, Khabib saat itu hanya menginginkan kemenangan dan tidak kehilangan apapun dalam pertarungan tersebut. Kemenangan atas Trujillo merupakan kemenangan keempatnya di pentas UFC. 

‘’Dengan penampilan dominannya tersebut, pengamat UFC saat itu meramalkan bahwa Khabib Nurmagomedov bakal menjadi ancaman bagi petarung-petarung terbaik di divisi tersebut,’’ sebut essentiallysports.com. ‘’Dan, terbukti kini dia memegang sabuk juara kelas ringan UFC dan belum terkalahkan dengan rekor 28-0.’’

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement