Kamis 28 May 2020 19:00 WIB

Nottingham Forest Pertahankan Gelar Juara Eropa

Pada hari ini, 28 Mei adalah hari bersejarah bagi klub Inggris, Nottingham Forest

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.
Foto: karebj.blogspot.com
Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada hari ini, 28 Mei adalah hari bersejarah bagi klub Inggris, Nottingham Forest yang meraih gelar Piala Champions Eropa, tepatnya pada 28 Mei 1980. Mereka mengalahkan Hamburg 1-0 pada partai puncak, di Santiago Bernabeu melalui tembakan Robertson pada menit ke-21.

Dilansir dari sportsmole, Kamis (28/5), kemenangani begitu luar biasa bagi Nottingham Forest karena berhasil mempertahankan gelar. Sebelumnya pada Piala Champions musim 1978/1979 ia berhasil meraih tropi tersebut dengan mengalahkan Malmo dengan agregat 3-1.

Sebelum melawan Hamburg di partai puncak, Nottingham Forest harus menghadapi lawan-lawan yang berat. Kemenangan atas Arges Pitesti dan BFC Dynamo membuat mereka lolos ke semifinal melawan Ajax Amsterdam.

Di semifinal, Nottingham Forest bermain cukup apik di dua leg. Pada leg pertama, mereka berhasil menang 2-0. Kemudian di kandang Ajax, mereka kalah 1-0 dan lolos dengan agregat 2-1. Kemenangan tersebut mengangarkan mereka lolos ke partai final.

Keberhasilan Nottingham Forest meraih gelar tersebut pada tahun itu sekaligus menjadikan tim ini sebagai klub pertama yang memenangkan Piala Champions Eropa terbanyak diantara klub-klub domestik mereka.

Nottingham kemudian berambisi untuk mencetak hattrick dengan cara meraih gelar pada musim 1980/1981 namun tak terjadi karena harus tersingkir di putaran pertama. Mereka kalah dari CSK Sofia pada leg pertama dan leg kedua masing-masing dengan skor 1-0. Pada saat itu Liverpool keluar sebagai juara dengan mengalahkan Real Madrid 1-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement