Rabu 03 Jun 2020 08:13 WIB

Ketika Paul Ince Jadi Kapten Timnas Inggris

Paul Ince Ince memegang ban kapten Inggris saat menghadapi timnas Amerika Serikat.

Paul Ince
Foto: AP/Tim Hales
Paul Ince

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masih ingat Paul Ince? Legenda sepak bola Inggris ini merupakan gelandang jebolan akademi West Ham United. 

Namun, paling spesial dari rekam jejak seorang Ince, yaitu namanya sebagai pemain kulit hitam pertama yang dipercaya menjadi kapten timnas Inggris. Itu terjadi 25 tahun lalu. Persisnya pada 1993, saat skuat Tiga Singa diasuh pelatih Graham Taylor.

Ince memegang ban kapten Inggris saat menghadapi timnas Amerika Serikat (AS) di gelaran Piala AS 1993 di stadion Foxboro, Massachusetts. Sayangnya laga ketika itu Paman Sam berhasil menjinakkan Tiga Singa dengan skor 2-0. Gol tercatat atas nama Thomas Dooley dan Alexi Lalas.

Namun, catatan Ince sebagai pemain kulit hitam pertama yang menjadi kapten Inggris menjadi sejarah baru bagi kesebelasan negara itu. Seumur berdirinya Federasi Sepak Bola Inggris (FA) pada 1863, tak pernah memberikan kepercayaan ban kapten timnas kepada keturunan Afro.

Ince sendiri, memulai debutnya bersama timnas Inggris pada 1992. Namun, pada tahun itu, Ince sudah berseragam Manchester United (MU), setelah hengkang dari West Ham pada 1989. Lama dia di Old Trafford sampai 1995 sebelum sempat hijrah ke Inter Milan, dan kembali lagi ke Inggris bersama Liverpool pada 1997.

Karier bermain sepak bola Ince, purna pada 2007 ketika usainya genap 40 tahun. Namun, pada 2008, Ince kembali mencatatkan sejarah baru di sepak bola Inggris. Yaitu, dengan menjadi pelatih kulit hitam pertama di kompetisi utama Inggris bersama Blackburn Rovers.

Kiprah pemain kulit hitam di Inggris, pada era 1990-an sampai dengan masa industri pada 2000-an, memang sulit menempatkan pemain keturunan Afro dalam posisi penting, seperti kapten di skuat Tiga Singa.

Bahkan, pada 2014, mantan pemain Totenham Hotspurs, Sol Campbell, pernah menuduh FA terkungkung rasisme setelah dirinya dibatalkan sebagai kapten lantaran berkulit hitam. Padahal, Campbell pernah juga memegang ban kapten Inggris pada 1998 sampai 2005. 

 

sumber : Rekor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement