Selasa 09 Jun 2020 22:28 WIB

Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah

Menikmati alam hingga wijen disebut bisa menurunkan tekanan darah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Menikmati alam hingga wijen disebut bisa menurunkan tekanan darah (Foto: ilustrasi tekanan darah)
Foto: Simple Wikipedia
Menikmati alam hingga wijen disebut bisa menurunkan tekanan darah (Foto: ilustrasi tekanan darah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga tekanan darah stabil tentu baik untuk tubuh. Sangat penting menjaga tekanan darah di bawah 120/80, mencegah serangan jantung dan stroke serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk saat ini.

Peneliti dari Universitas Columbia mengungkap, kekhawatiran menjadi penyebab tekanan darah orang tetap tinggi akhir-akhir ini. Agar arteri tetap rileks dan tekanan darah rendah, bahkan pada hari-hari penuh tekanan, cobalah cara-cara mudah sebagai berikut, dilansir laman Womansworld, Selasa (9/6).

Baca Juga

Menikmati alam

Menikmati alam baik untuk jiwa dan raga. Beberapa penelitian dari 20 studi menunjukkan 15 menit sehari menikmati alam, misalnya, dapat menjaga tekanan darah.

 

Cobalah nikmati kejenakaan burung di alam bebas, tupai dan makhluk lainnya agar memangkas hingga tujuh poin dari tekanan darah dalam 24 jam. Penulis studi, Ken Hayashi, PhD, mengatakan, jika merasa dekat dengan alam dapat menenangkan kelenjar adrenal, mengurangi produksi hormon stress yang memicu tekanan.

Konsumsi Wijen

Tambahkan dua sendok makan minyak wijen ke dalam asupan harian, idealnya, menggantikan lemak yang kurang sehat. Tekanan darah bisa turun 32 poin hingga penurunan berat badan 12 pound dalam tiga bulan.

Peneliti Universitas Arkansas mengatakan minyak wijen mengandung senyawa pendorong metabolisme (sesamin) yang langka untuk membuat pembuluh darah tetap rileks bahkan ketika tingkat stress meningkat.

Buat Soda Swap

Tambahkan soda untuk es teh bebas gula, dan tekanan darah pun bisa turun, menurut para peneliti Harvard. Tekanan darah bisa turun karena soda mengandung dosis kuat natrium dan gula yang tinggi, sementara teh menawarkan senyawa yang menenangkan arteri (polifenol).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement