Senin 29 Jun 2020 00:02 WIB

Gol Ross Barkley Bawa Chelsea Taklukkan Leicester City

Chelsea lolos ke semifinal Piala FA musim 2019/2020.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Selebrasi Ross Barkley usai mencetak gol ke gawang Leicester City.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Selebrasi Ross Barkley usai mencetak gol ke gawang Leicester City.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Chelsea lolos ke semifinal Piala FA musim 2019/2020. Pada babak delapan besar, armada the Blues menaklukkan tuan rumah Leiceser City 1-0 di King Power Stadium, Ahad (28/6) malam WIB.

Kubu the Foxes mengambil inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai. Kiper tim tamu, Wilfredo Caballero, tampak sigap menghalau berbagai percobaan penggawa tuan rumah. Perlahan tetapi pasti, skuat London Biru keluar dari tekanan.

Baca Juga

Pada menit ke-29, winger Chelsea, Christian Pulisic, memperoleh peluang emas. Berdiri bebas di kotak penalti lawan, Pulisic melepaskan tembakan jarak dekat. Sayang, upaya eks pemain Borussia Dortmund itu mampu ditepis Kasper Schmeichel.

Tersengat situasi demikian, Leicester mencoba lebih agresif. Namun, upaya sporadis anak asuh Brendan Rodgers belum membahayakan gawang the Blues. Barulah pada penghujung babak pertama Jamie Vardy memiliki kans.

photo
Penyerang Leicester City, Jamie Vardy saat mencoba menceploskan bola ke gawang Chelsea. Leicester City bertemu Chelsea di Perempat Final Piala FA di King Power Stadium, Ahad (18/6). - (EPA-EFE/Tim Keeton)

Berawal dari umpan lambung dari lini belakang, sang penyerang melepaskan sepakan mendatar. Upaya Vardy bergulir tipis di samping gawang Caballero. Hingga turun minum, skor kacamata belum berubah.

Selepas turun minum, tensi pertandingan meninggi. Aksi saling serang diperagakan kedua kubu. Pada menit ke-63, Chelsea akhirnya membuka keunggulan melalui pemain pengganti Ross Barkley.

Berawal dari umpan silang Willian dari sisi kanan penyerangan the Blues, bola yang datang disambut Barkley dengan tendangan mendatar. Upaya gelandang tim nasional Inggris itu merobek jala Schmeichel.

photo
Ross Barkeley (Kiri) saat mencetak gol ke gawang Leicester City. Chelsea bertemu Leicester City pada Perempat Final Piala FA di King Power, Ahad (28/6). - ( EPA-EFE/Tim Keeton)
 

Leicester bereaksi. Bek sayap the Foxes, Ben Chilwell, rajin melakukan penetrasi dari sisi kiri penyerangan timnya. Namun, lini belakang tim tamu tampil disiplin. Tuan rumah terus mengurung pertahanan Chelsea dalam 10 menit terakhir.

Sebuah peluang emas diperoleh bek tengah Caglar Soyuncu pada menit ke-85. Sundulan pemain bernomor punggung 4 ini melambung tipis dari sasaran. Dua menit menjelang waktu normal berakhir, lewat sebuah serangan balik, Barkley berpeluang menggandakan keunggulan.

Kali ini sepakan keras eks pemain Everton itu bisa dimentahkan Schmeichel. Pada sisa waktu, tak ada perubahan berarti. Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga laga usai. Dengan demikian, skuat London Biru menyusul Manchester United dan Arsenal yang sudah lebih dahulu melenggang ke semifinal Piala FA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement