Sabtu 04 Jul 2020 10:00 WIB

3 Tantangan Alquran yang tak Pernah Terjawab Manusia  

Allah SWT memberikan tantangan kepada umat manusia atas Alquran.

Allah SWT memberikan tantangan kepada umat manusia atas Alquran. Alquran/Ilustrasi
Allah SWT memberikan tantangan kepada umat manusia atas Alquran. Alquran/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, 

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Baca Juga

 ''Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.'' (QS al-Hijr [15]: 9).

Di antara mukjizat Nabi Muhammad SAW, Alquran merupakan mukjizat yang terbesar. Alquran merupakan kalam Allah yang bersifat abadi. 

Alquran mengandung nilai-nilai dan ajaran yang benar dan sangat aplikatif serta konstekstual yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia. Ia tidak berisikan tumpukan teori yang memadati pikiran belaka. Ia juga tidak mengajarkan hal-hal yang tidak mungkin, hal-hal aneh yang mustahil untuk dicapai. Alquran telah menerima manusia sebagaimana adanya dan kemudian mendorongnya untuk mencapai sesuatu yang bisa dicapai.

Itulah bukti bahwa Alquran merupakan wahyu yang benar. Bukti kebenaran Alquran lainnya adalah hingga saat ini tidak ada yang bisa membuat kitab yang menyamai Alquran. Dalam Alquran, Allah memberikan tiga tantangan kepada manusia untuk membuat yang seperti Alquran.

Pertama, Allah menantang manusia untuk membuat satu kitab yang seperti Alquran. Allah berfirman: 

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

 ''Katakanlah, 'Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Alquran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain'.'' (QS Al-Israa’ [17] :88).

Kedua, Allah menantang manusia untuk membuat 10 surat yang seperti Alquran. Firman-Nya: 

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا بِعَشْرِ سُوَرٍ مِثْلِهِ مُفْتَرَيَاتٍ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

فَإِلَّمْ يَسْتَجِيبُوا لَكُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا أُنْزِلَ بِعِلْمِ اللَّهِ وَأَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

''Bahkan mereka mengatakan, 'Muhammad telah membuat-buat Alquran itu'. Katakanlah, 'Maka datangkanlah 10 surat seumpamanya dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar'. Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu itu maka ketahuilah, sesungguhnya Alquran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri?'' (QS Huud [11]:13-14).

Ketiga, Allah menantang untuk membuat satu surat yang seperti surat dalam Alquran. Allah berfirman: 

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ 

 ''Atau mereka mengatakan, 'Muhammad membuat-buatnya'. Katakanlah, 'Maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil selain Allah, jika kamu orang yang benar'.'' (QS Yunus [10]: 38). 

Uraian di atas jelas menunjukkan bahwa Alquran merupakan kalam Allah, dan bukan buatan Muhammad seperti yang sering kaum orientalis tuduhkan. Karenanya, sejatinya umat Islam harus mencintai dan mengamalkan apa yang telah Allah turunkan dalam Alquran.  

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement