Ahad 05 Jul 2020 19:49 WIB

Demi Liga Champions, Buffon Siap Main Sampai Usia 43 Tahun

Buffon belum berencana gantung sarung tangan dalam waktu dekat

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Akbar
Gianluigi Buffon
Foto: Martin Rickett/PA via AP
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN- Kiper legendaris Juventus dan Italia Gianluigi Buffon memberikan isyarat akan terus bermain sampai dua musim lagi ke depan atau setidaknya sampai ia berusia 43 tahun.

Buffon belum berencana gantung sarung tangan dalam waktu dekat karena impiannya menjuarai Liga Champions belum terwujud.

"Saya akan main sampai usia 43 tahun. Memenangkan Liga Champions masih terngiang di kepala saya," kata Buffon, dikutip dari Football Italia, Ahad (5/7).

Buffon baru saja melewati momen spesial bersama Juventus pada Sabtu (4/7) kemarin. Karena pada laga melawan Torino, Buffon mencatatkan penampilan ke 648 di Serie A.

Catatan penampilan ini menjadikan mantan kiper Parma dan PSG ini sebagai pemain paling banyak memainkan pertandingan di Liga Italia. Buffon melewati rekor yang sebelumnya dipegang legenda AC Milan Paolo Maldini.

Buffon merasa lega karena akhirnya ia bisa memecahkan rekor bergengsi di pentas sepak bola Italia. Tapi kiper yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006 ini juga realistis dengan kondisi fisiknya yang tidak lagi sebugar di kala masih muda.

Walau sudah menandatangani kontak baru hingga dua tahun ke depan bersama Juventus, Buffon bisa jadi pensiun lebih awal andai kondisi fisik atau penampilannya tidak lagi cemerlang.

"Saya selalu memantau situasi. Saya akan selalu siap mundur bila kemampuannya saya tidak lagi di puncak," ucap Gigi.

Buffon menyebutkan alasan ia masih bertahan bermain sebagai seorang profesional karena gairah tingginya akan dunia sepak bola. Sejak awal Buffon tidak terlalu berambisi memecahkan rekor, terutama rekor rekan-rekannya terdahulu seperti Alessandro Del Piero di Juventus dan Serie A.

Juventus mengalahkan Torino 4-1 di giornata ke 30. Hasil itu membuat La Vecchia Signora semakin kokoh di puncak klasemen Serie A. Hasil ini juga sekaligus menjauhkan Bianconeri dari kejaran runner up sementara SS Lazio yang beberapa jam kemudian ditekuk AC Milan 0-3 di Olimpico.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement