Selasa 07 Jul 2020 10:10 WIB

Najwa Shihab Ikut Sandiwara Sastra 'Berita dari Kebayoran'

'Berita dari kebayoran' merupakan cerita pendek karya Pramoedya Ananta Toer.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jurnalis dan Co Founder Narasi, Najwa Shihab, menjadi pengisi suara tokoh utama sandiwara sastra Berita dari Kebayoran yang disiarkan di podcast @budayakita dan stasiun radio RRI.
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Jurnalis dan Co Founder Narasi, Najwa Shihab, menjadi pengisi suara tokoh utama sandiwara sastra Berita dari Kebayoran yang disiarkan di podcast @budayakita dan stasiun radio RRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Najwa Shihab menjajal pengalaman baru menjadi aktor suara. Perempuan yang biasa memandu acara berita dan melontarkan pertanyaan kepada narasumber itu kini terlibat dalam Sandiwara Sastra, yang mengalihwahanakan karya sastra ke format audio.

Cerita pendek Berita dari Kebayoran karya Pramoedya Ananta Toer menjelma jadi rangkaian narasi serta dialog yang disiarkan via podcast @budayakita dan stasiun radio RRI. Najwa mengisi suara tokoh utama dalam kisah itu, yang bernama Aminah.

Baca Juga

"Ini kisah tragis soal pembebasan lahan kampung yang membuat orang-orang tersingkir ke kota. Sketsa waktu tahun 1950-an, Aminah pergi dari kampungnya di Kebayoran ke Jakarta dan jadi pelacur," ujarnya pada konferensi pers virtual.

Perempuan yang biasa dipanggil Nana itu mengatakan, lewat ceritanya, Pram menggambarkan karut-marut kondisi Indonesia pascakemerdekaan yang ternyata tidak sesuai ekspektasi. Meski demikian, Pram mengemas potret suram negeri dengan indah.

 

Karena adanya aturan pembatasan fisik akibat pandemi Covid-19, Nana berlatih jarak jauh selama tiga kali. Dia berkolaborasi dengan sutradara Gunawan Maryanto, serta pengisi suara lain, yakni Mathias Muchus, Chicco Jerikho, dan Lulu Tobing.

Nana banyak belajar dari kawan-kawan senimannya. "Ditemani aktor-aktor senior ini, saya belajar mendalami karakter, menempatkan ruang dan masa tertentu, membedakan intonasi untuk setiap emosi, dan bagaimana menciptakan atmosfer cerita," kata dia.

Mulai Rabu (8/7), Sandiwara Sastra menghadirkan karya sastra berbeda setiap pekan. Terdapat 10 episode dan 10 cerita, masing-masing berdurasi 30 menit, mengadaptasi kisah berbeda dan melibatkan puluhan pemeran suara.

Figur publik yang terlibat termasuk Christine Hakim, Maudy Koesnaedi, Marsha Timothy, Vino G Bastian, dan Happy Salma. Hadir pula Iqbaal Ramadhan, Chelsea Islan, Pevita Pearce, Kevin Ardilova, Nino Kayam, Jefri Nichol, serta Asmara Abigail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement