Sabtu 11 Jul 2020 11:51 WIB

Ini Klarifikasi Video Mobil Wapres Diduga Kehabisan Bensin

Mobil yang mengisi bensin di pinggir jalan bukan mobil yang ditumpangi Wapres

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Video dan tangkapan layar  mobil VVIP RI2 yang sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan, Kota Sukabumi, Jawa Barat
Foto: Istimewa
Video dan tangkapan layar mobil VVIP RI2 yang sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan, Kota Sukabumi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sekretariat Wakil Presiden memberi penjelasan terkait beredarnya video mobil VVIP RI-2 yang sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan. Video tersebut diketahui viral di media sosial dan menjadi sorotan warganet lantaran diduga kehabisan bensin.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar membenarkan pengisian bahan bakar minyak (BBM) dilakukan saat Wakil Presiden Ma'ruf Amin tengah kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7) lalu.

Namun demikian, mobil tersebut bukanlah mobil yang ditumpangi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, melainkan kendaraan cadangan.

"Rekaman peristiwa yang beredar itu terjadi saat Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," ujar Oemar melalui siaran pers yang diterima, Sabtu (11/).

 

Oemar pun menegaskan, pengisian BBM melalui jerigen bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM. Ia menjelaskan, alasan pengisian BBM melalui jeriken dilakukan karena tidak adanya stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) yang memiliki jenis BBM sesuai kriteria mobil VVIP.

Ia mengatakan, dalam setiap rangkaian VVIP juga selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

"Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," ujar Oemar.

Pada Rabu lalu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Agama Fahrul Razi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Balaikota Sukabumi dan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi.

Wapres dan rombongan berkendara dari Jakarta sejak pukul 07.30 pagi dan tiba di Sukabumi sekitar pukul 09.30 WIB. Reporter Republika pun berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan Wapres saat itu di Sukabumi, dan Wapres Ma'ruf nampak menumpangi kendaraan VVIP jenis Alphard, bukan mercy seperti viral di media sosial.

Adapun video yang beredar, pengisian bensin dilakukan di pinggir jalan depan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi yang saat itu Wapres tengah melakukan peninjauan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement