Kamis 16 Jul 2020 08:15 WIB

Jenis Minuman Kopi yang Populer di Sejumlah Negara

Berbeda lokasinya, berbeda pula kopi yang jadi favorit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi telah menjadi minuman favorit di banyak negara.
Foto: Flickr
Kopi telah menjadi minuman favorit di banyak negara.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kopi adalah minuman yang dikonsumsi di setiap sudut dunia. Minuman ini bisa menyatukan teman-teman di kafe, tim di tempat kerja, dan orang-orang terkasih di rumah. Cara mengolahnya menjadi minuman pun beragam sesuai selera.

Berbeda lokasinya, berbeda pula kopi yang jadi favorit. Pakar kopi di Coffee Direct Inggris, Lewis Spencer, mengulas aneka jenis kopi favorit di sejumlah negara, seperti dikutip dari laman Luxury Travel Magazine.

Baca Juga

1. Frappe di Yunani

photo
Frappe. - (Pixabay)

Frappe adalah minuman kopi favorit di Yunani dan Siprus, terutama pada bulan-bulan dengan cuaca hangat. Minuman dengan campuran kopi instan, air, gula, es batu, serta susu kental manis ini menjadi suguhan musim panas yang menyegarkan.

2. Kopi telur di Vietnam

Seperti namanya, kopi telur dibuat dari kuning telur, susu kental manis, gula, dan kopi. Penduduk setempat menyukai rasa yang kaya dan intens dari minuman unik ini. Kombinasi susu dan kuning telur pun menjadi asupan protein dalam dosis besar.

3. Kopi kalengan di Jepang

Kopi kalengan adalah minuman yang sangat populer di Jepang. Minuman aneka varian yang tersedia di mesin penjual otomatis dan supermarket ini jadi alternatif terjangkau dan nyaman bagi warga setempat yang selalu bepergian.

4. Café au lait di Prancis

photo
Cafe au Lait (Ilustrasi) - (Peakpx)

Minuman favorit orang Prancis ini tidak sama dengan latte atau kopi susu dingin. Café au lait adalah kombinasi kopi yang diseduh yang dicampur dengan steamed milk sehingga hasil akhirnya ringan, lembut, dan tidak mengandung busa.

5. Kaapi di India

Kaapi adalah kopi filter India. Untuk membuatnya, giling biji kopi sampai halus, seduh menggunakan filter logam, dan campur dengan susu yang sudah direbus. Biasanya kaapi disajikan dalam gelas stainless steel yang mendinginkan.

6. Café Cubano di Kuba

Orang Kuba lebih suka kopi mereka bercita rasa manis, itu sebabnya Café Cubano jadi kopi yang populer. Kopi mereka diseduh langsung ke gula atau gula dikombinasikan dengan bubuk kopi sebelum menyeduhnya, menghadirkan rasa yang intens dan manis.

7. Espresso di Italia

photo
Espresso - (dok Signature Coffee & Grill)

Espresso adalah tradisi Italia, jadi tidak heran negara ini sangat menyukainya. Espresso dibuat dalam mesin yang mendorong uap bertekanan ke biji kopi yang ditumbuk halus, untuk menghasilkan rasa kopi yang kuat, dengan sedikit busa di atasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement