Kamis 16 Jul 2020 10:40 WIB

Guardiola Takkan Bujuk Silva Bertahan di City

Kontribusi Silva buat City memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Gelandang Man City, David Silva.
Foto: EPA-EFE/Juanjo Martin
Gelandang Man City, David Silva.

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Gelandang serang asal Spanyol, David Silva, menjadi aktor utama kemenangan Manchester City saat membungkam Bournemouth, 2-0, pada pekan ke-36 Liga Primer Inggris, Kamis (16/7) dini hari WIB. Semua gol City di laga yang digelar di Stadion Etihad itu tidak lepas dari kontribusi gelandang serang berusia 34 tahun itu. 

Membuka keunggulan City lewat eksekusi tendangan bebas pada menit keenam, Silva juga menjadi kreator di gol kedua The Citizen. Eks gelandang serang Valencia itu melepaskan umpan terobosan, yang mampu dimanfaatkan Gabriel Jesus pada menit ke-39. Meski tim tamu mampu membalas pada babak kedua, tapi skor 2-1 tetap bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Sayangnya, kiprah Silva bersama The Citizen bakal segera berakhir. Seiring dengan berakhirnya Liga Primer Inggris musim ini, berakhir pula kiprah Silva bersama The Citizen, yang telah terentang selama 10 tahun. Kontrak Silva memang akan habis pada akhir bulan ini dan pemain berjuluk el Mago itu telah menegaskan keinginannya untuk mengakhiri kerjasamanya dengan City begitu kontraknya berakhir.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pun mengaku pasrah dengan keputusan mantan gelandang serang timnas Spanyol itu. Guardiola mengaku tidak akan bisa dan tidak mau membujuk Silva untuk bertahan di City, setidaknya untuk beberapa tahun mendatang. Keputusan Silva untuk mengakhiri kiprah di City, tutur Guardiola, sepertinya sudah bulat.

''Dia telah memutuskan untuk pergi dan dia sudah mengungkapkan keinginannya itu beberapa kali. Saya rasa, dia ingin pergi lantaran telah 10 tahun berada di klub ini. Dia berada dalam kondisi yang luar biasa dan optimal sejak kompetisi kembali bergulir,'' kata Guardiola seperti dilansir BBC, Kamis (16/7).

Sejak Liga Primer Inggris musim ini kembali bergulir pada pertengahan bulan Juni, Silva hanya satu kali absen membela The Citizen. Silva tampil di delapan laga dari sembilan partai terakhir yang dilakoni City di pentas Liga Primer Inggris. Selama periode tersebut, Silva sukses menyumban tiga gol dan tiga assist. Secara keseluruhan, Silva berhasil mengemas enam gol dan 11 asisst dari 36 penampilan di semua ajang pada musim ini.

''Dia selalu mampu tampil dengan luar biasa dan mencetak gol. Kemampuan ini dia buktikan lagi di laga ini, dia mencetak satu gol dan satu assist. Saya harap, dia bisa tampil dan mendapatkan laga perpisahan. Laga yang layak dia dapatkan. Selain itu, dia bisa mendapatkan tempat baru di sisa kariernya,'' tutur Guardiola.

Kontribusi Silva buat City memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sejak memperkuat City sejak 2010, Silva total telah mengemas 93 assist. Catatan asisst ini 29 lebih banyak dibanding pemain lain di sepanjang periode tersebut. Tidak hanya itu, bersama Christian Eriksen, Silva menjadi pemain yang mampu menorehkan lebih dari 10 asisst di empat musim berbeda dalam satu dekde terakhir.

Dari segi raihan trofi, Silva telah mengantarkan City meraih empat titel Liga Primer Inggris. dua titel Piala FA, dan lima trofi Piala Liga Inggris. Selama 10 tahun memperkuat City, pemain yang mempersembahkan titel Piala Dunia 2010 buat Spanyol itu telah mengemas 410 penampilan dan 76 gol di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement