Rabu 05 Aug 2020 16:40 WIB

Messi Kirim Pesan untuk Iker Casillas, Ini Isinya

Hari ini Iker pensiun, tetapi statusnya sebagai legenda dalam olahraga ini terus bert

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Bintang Barcelona Lionel Messi.
Foto: Republika.
Bintang Barcelona Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kapten Barcelona, Lionel Messi turut mengomentari situasi Iker Casillas. Pada Selasa (4/8) waktu Spanyol, kiper legendaris Real Madrid dan Spanyol itu memutuskan gantung sarung.

Artinya Casillas pensiun dari rutinitas bermain bola secara profesional. Menurut Messi, apa pun yang terjadi, nilai pemenang Piala Dunia 2010 itu, tak lekang oleh waktu.

"Hari ini Iker pensiun, tetapi statusnya sebagai legenda dalam olahraga ini terus bertahan untuk waktu yang lama. Bukan hanya karena dia pernah menjadi salah satu pemain terbaik di La Liga, tapi karena dia memenangkan segalanya di level internasional," kata La Pulga, dikutip dari AS, Rabu (5/8).

Tak berlebihan apa yang diutarakan mega bintang Blaugrana itu. Selama membela Madrid dan La Roja, Casillas sudah merasakan semua trofi. Ada nuansa lain, terasa dari pujian Messi untuk sosok yang pensiun di FC Porto itu. Mereka melepaskan rivalitas antara Barcelona dengan Real Madrid.

Dalam sebuah pesan lainnnya, La Pulga menyebut Casillas sebagai penjaga gawang fantastis. Ia menikmati persaingan yang tercipta antara mereka.

"Saya harus katakan, anda lawan yang sangat tangguh. Jika melihat ke belakang, ada rivalitas istimewa. Itu mendorong kita mencapai level baru saat kita berhadapan satu sama lain," tutur sosok yang juga kapten tim nasional Argentina itu.

Sebaliknya Casillas juga demikian. Dalam beberapa kesempatan ia menyebut Messi sebagai lawan tersulit yang pernah dihadapinya. Sejak memulai karir profesional, hingga pensiun, Casillas turun di 885 pertandingan di level klub.

Ia meraih semua trofi ketika membela Madrid, serta berbagai gelar domestik bersama Porto. Pria 39 tahun itu bagian dari generasi emas timnas Spanyol.

Selain Piala Dunia 2010, Casillas juga membawa La Roja meraih gelar Piala Eropa 2008, dan 2012. Total ia mengawal gawang skuat senior Negeri Matador dalam 167 pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement