Sabtu 08 Aug 2020 02:55 WIB

Dua Penalti Kontorversial, Juventus Vs Lyon Masih Imbang 1-1

Juventus kebobolan lewat penalti Memphis Depay dan membalas lewat Ronaldo.

Gelandang Juventus Rodrigo Bentancur (kedua kiri) berebut bola dengan penyerang Olympique Lyon Memphis Depay.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Gelandang Juventus Rodrigo Bentancur (kedua kiri) berebut bola dengan penyerang Olympique Lyon Memphis Depay.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Juventus ke perempat final Liga Champions masih berat. Nyonya Tua hanya punya waktu 45 menit untuk mencetak dua gol agar bisa menyingkirkan Olympique Lyon. Sebab, Juventus bermain imbang 1-1 kontra Lyon pada babak pertama leg kedua 16 besar di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (8/8) dini hari WIB.

Juventus kebobolan lewat penalti Memphis Depay. Nyonya Tua membalas juga lewat titik putih melalui Cristiano Ronaldo. Dua penalti ini tampak kontroversial.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Juventus harus mencetak dua gol pada babak kedua dan menjaga gawangnya tak kebobolan lagi. Andai kembali jebol, Juventus harus menang dengan selisih dua gol.

Jalannya laga

Juventus yang mengandalkan trisula Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Federico Bernardeschi langsung menekan sejak awal. Namun pertahanan Lyon tampil disiplin. Saat diserang, formasi 3-5-2 Lyon berubah menjadi 5-3-2. Akibatnya, serangan dari kedua sayap Juventus dengan mudah dimatikan. Tusukan dari tengah juga sulit mendobrak pertahanan wakil Prancis tersebut. 

Justru Juventus yang mesti menerima gawangnya dijebol lewat titik putih. Berawal dari serangan balik, Houssem Aouar merangsek ke kotak penalti Juventus. Rodrigo Bentancur merebut bola dari kaki Aouar dengan sliding tekel yang bersih. Tapi wasit Felix Zwayer menunjuk titik putih.

Ia mengabaikan protes pemain Juventus. Setelah berdiskusi dengan petugas VAR, wasit asal Jerman ini tetap pada keputusannya. Mephis Depay kemudian maju menjadi algojo, Lewat tendangan ala Panenka, mantan pemain Manchester United ini menaklukkan kiper Juventus Wojciech Szczesny pada menit ke-12.

Juventus tersengat. Ronaldo mendapatkan peluang lima menit berselang, tapi tendakan kaki kirinya melebar dan Cr7 offside. Menit ke-19, satu tandukan Ronaldo hampir menyamakan skor. Sayang, kali ini bola melambung tips di atas mistar gawang Lyon yang dijaga Anthony Lopes.

Juventus terus mencoba namun kerap mental. Tapi dari situasi tendangan bebas, tim asuhan Maurizo Sarri bisa membalas gol. Sepakan bebas Miralem Pjanic mengenai Depay. Wasit Zwayer menilai Depay handball, megacungkan kartu kuning, serta memberikan Juventus penalti. Padahal dalam tayang ulang, tangan Depay hanya terlihat melindungi badannya dan tak bergerak menahan bola. Depay protes, tapi Zwayer tetap pada keputusannya.

Ronaldo maju sebagai eksekutor dan berhasil menjebol gawang Lyon pada menit ke-43. Skor berubah menjadi 1-1, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Juventus (4-3-3)

Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Matthijs de Ligt, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot; Federico Bernardeschi, Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri

Olympique Lyon (3-5-2)

Anthony Lopes; Joason Denayer, Marcelo, Fernando Marcal; Leo Dubois, Maxence Caqueret, Bruno Guimareas, Houssem Aouar, Maxwell Cournet; Memphis Depay, Karl Toko Ekambi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement