Senin 30 Nov 2020 13:53 WIB

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Dalam beberapa kasus gejala hidung terjadi bersamaan dengan hilangnya penciuman.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Hidung/ilustrasi
Foto: finetouchdermatology.com
Hidung/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Barcelona menemukan bahwa beberapa orang yang terinfeksi virus corona mengalami berbagai gejala hidung sebelum gejala yang lebih umum mulai terlihat. Secara khusus, penelitian  menemukan bahwa gejala seperti hidung kering bisa menjadi pendahulu pasien virus corona yang kehilangan kemampuan untuk mengecap dan mencium.

Dalam beberapa kasus, perlu diperhatikan, gejala hidung terjadi bersamaan dengan hilangnya rasa dan bau. Dilansir di BGR, Senin (30/11) disebutkan, kelompok klinis juga mengalami sensasi aneh di hidung dan hidung kering yang berlebihan lebih sering daripada kelompok kontrol.

Baca Juga

Selain itu, 52 persen dari kelompok klinis melaporkan sensasi konstan memiliki mengalami irigasi hidung yang kuat. Hanya tiga persen dari kelompok kontrol (mereka yang tanpa COVID-19) melaporkan hal yang sama.

Para peneliti mencatat gejala hidung terutama terjadi bersamaan dengan anosmia (kehilangan indra penciuman) atau hiposmia (berkurangnya kemampuan mencium).

Secara keseluruhan, daftar gejala virus corona telah tumbuh cukup banyak. Dokter dan peneliti kesehatan terus mempelajari lebih lanjut tentang virus tersebut. Meski begitu, gejala yang paling umum masih cenderung mirip flu, artinya demam, batuk, dan kelelahan cenderung menjadi gejala yang lebih sering dialami pasien virus corona.

photo
7 kelompok gejala covid-19. - (republika)

Bersamaan dengan itu, sebuah penelitian terbaru dari Northwestern Medicine menemukan bahwa 82 persen pasien virus corona yang memiliki gejala cukup parah, sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit juga mengalami berbagai gejala neurologis di beberapa titik selama mereka sakit.

Daftar gejala neurologis yang umum termasuk kehilangan ingatan, kebingungan, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada tugas untuk jangka waktu yang lama.

Yang sangat menakutkan adalah banyak pasien virus corona mengalami masalah neurologis yang berkepanjangan bahkan berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah meninggalkan rumah sakit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien virus corona yang lebih tua lebih cenderung mengalami masalah neurologis untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, ada semakin banyak bukti bahwa orang yang selamat dari virus corona dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan paru-paru dan jantung berbulan-bulan setelah diagnosis awal mereka. Bahkan pasien tanpa gejala dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan paru-paru dan jantung berbulan-bulan kemudian.

"Kami sangat kecewa bahwa sejumlah individu yang telah sembuh total dan tampaknya asimtomatik, ketika mereka melakukan teknologi pencitraan yang sensitif, seperti resonansi magnetik, pencitraan, atau MRI, telah menemukan sejumlah individu yang mengganggu yang mengalami peradangan jantung," kata Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement