Rabu 20 Jan 2021 06:48 WIB

AS Roma Tersingkir dari Coppa Italia

AS Roma disingkirkan Spezia di 16 besar lewat drama kartu merah dan pergantian pemain

Pemain Spezia Daniele Verde (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang AS Roma pada laga babak 16 besar Coppa Italia.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pemain Spezia Daniele Verde (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang AS Roma pada laga babak 16 besar Coppa Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AS Roma tersingkir dari Coppa Italia setelah kekalahan mengejutkan 2-4 dari Spezia lewat perpanjangan waktu di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (20/1) pagi WIB. Roma kehilangan dua pemain dalam waktu 30 detik yang menyulitkan mereka memberikan perlawanan dengan sembilan pemain. Ini berarti Spezia akan menghadapi Napoli di perempat final pada 27 Januari, seperti laporan Football Italia.

Giallorossi membutuhkan dorongan setelah kekalahan memalukan mereka 0-3 dari rival sekota Lazio di Serie A pada akhir pekan lalu. Borja Mayoral mencium kesalahpahaman di pertahanan Spezia dalam 30 detik pembukaan, tetapi tembakan dari sudut sempit gagal membuka keunggulan untuk Roma.

Baca Juga

Justru Spezia mendapat hadiah penalti setelah Bryan Cristante dianggap melanggar Giulio Maggiore, meskipun kontak sangat minim. Andrij Galabinov mencetak gol dari titik penalti pada menit keenam untuk Spezia.

Riccardo Saponara membuat start pertamanya untuk Spezia dan dia menandainya dengan gol pada menit ke-15 untuk membuat skor 2-0. Ia memanfaatkan kesalahan Marash Kumbulla yang kehilangan bola di tepi area penalti Roma. I Lupi memperkecil skor menjadi 2-1 setelah mencetak gol lewat penalti pada menit ke-43. Penalti didapatkan setelah Pelegrini dijatuhkan di kotak terlarang.

Roma meyakinkan pada awal babak kedua, tetapi menyia-nyiakan peluang emas ketika Borja Mayoral mencoba tendangan tumit memanfaatkan operan Henrikh Mkhitaryan. Borja Mayoral gagal memaksimalkan peluang emas pada menit ke-67 ketika bola operan Pedro ditendang melenceng dari sasaran dari jarak sangat dekat di muka gawang.

Roma akhirnya menyamakan kedudukan lewat Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-73 setelah kerja sama apik dengan Mayoral. Mayoral kemudian punya dua peluang emas untuk mengantarkan Roma ke perempat final, tapi gagal memaksimalkannya. Kegagalan Mayoral ini harus dibayar mahal karena Roma kemudian terkapar saat laga dilanjutkan melalui perpanjangan waktu

Mayoral digantikan oleh Edin Dzeko, tapi Roma langsung kehilangan satu pemain karena Gianluca Mancini menerima kartu kuning kedua pada menit ke-91. Hebatnya, 30 detik setelah itu, kiper Pau Lopez juga dikeluarkan karena membuat pelanggaran di luar kotak penalti dan digantikan Daniel Fuzato.

Spezia akhirnya kembali unggul setelah mantan pemain muda Roma, Daniele Verde, mencetak gol pada menit ke-107. Saponara memastikan kemenangan Spezia pada menit terakhir. Ia melihat Fuzato keluar dari garis gawang untuk dan melepaskan tendangan lob dari luar kotak penalti untuk menjebol gawang Roma.

Ada satu lagi plot twist yang luar biasa dalam laga ini. Roma ternyata melakukan enam pergantian pemain, bukan lima, yang tidak diizinkan bahkan di perpanjangan waktu. Sehingga, Roma bisa dinyatakan kalah 0-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement