Selasa 09 Mar 2021 05:15 WIB

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran

Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud
Foto: Youtube
Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengisahkan sekian banyak peristiwa masa lampau. Meski belum seluruh kisah dan kabar sejarah terdahulu dapat dibuktikan kebenarannya, sebagian para ilmuwan dan arkeolog telah membuktikan kebenarannya melalui penelitian.

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Mukjizat Alquran menjelaskan, kendati terdapat sekian banyak kisah yang belum terbukti, tidaklah wajar menolak kisah-kisah lain tersebut hanya dengan alasan kisah itu belum terbukti. Karena, apa yang belum terbukti kebenarannya, juga belum terbukti kekeliruannya.

Baca Juga

Tak jarang terdapat golongan orang yang menolak informasi sejarah atau kisah-kisah masa lampau dalam Alquran. Seperti kisah dihancurkannya suatu negeri oleh Allah dengan gempa atau angin ribut karena penduduknya durhaka kepada Nabi yang diutus pada masanya.

Padahal, kata Prof Quraish, mereka tidak menyadari walaupun kota tersebut belum ditemukan, tidak jarang penelitian arkeologi membuktikan pada masa yang disebut oleh kisah Alquran itu memang telah terjadi gempa atau angin ribut. Maka, cara pengingkaran semacam ini dinilai tidak tepat.

Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti. Seperti kisah kaum Ad dan Tsamud serta kehancuran Kota Iram.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement