Rabu 24 Mar 2021 13:08 WIB

Bergizi Tinggi, 5 Makanan Ini Ternyata Picu Bau Mulut

Ada lima makanan bergizi yang juga dapat memicu bau mulut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada lima makanan bergizi yang juga dapat memicu bau mulut.
Foto: Republika/Mardiah
Ada lima makanan bergizi yang juga dapat memicu bau mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa makanan beraroma kuat seperti bawang putih atau bawang bombay dapat memicu bau mulut. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa makanan lain yang tampak biasa namun sebenarnya juga dapat memicu bau mulut.

"Beberapa makanan paling berutrisi juga dapat berkontribusi terhadap bau mulut," ungkap dokter gigi dari Broadway Cosmetic Dentistry Amrita Patel DDS, seperti dilansir Live Strong, Rabu (24/3).

Baca Juga

Amrita mengungkapkan setidaknya ada lima makanan bergizi yang juga dapat memicu bau mulut. Berikut ini adalah kelima makanan tersebut.

Daging

Sebagian orang mungkin merasa bahwa aroma napas mereka terasa kurang sedap setelah menyantap steak. Hal ini mungkin saja terjadi karena daging merupakan makanan yang kaya akan protein.

"Bakteri sangat mencintai protein di daging," tutur Amrita.

Bau mulut bisa muncul akibat proses pemecahan protein di daging oleh bakteri. Proses tersebut dapat melepas senyawa amonia yang kemudian menyebabkan bau mulut.

Ikan

Konsumsi ikan, misalnya tuna atau salmon, juga dapat memicu timbulnya aroma napas yang tak sedap. Ikan dapat menyebabkan bau mulut karena senyawa bernama trimethylamines. Ketika senyawa ini terikat dengan air, dia bisa bertahan di mulut dan memberikan aroma amis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement