Jumat 23 Apr 2021 05:45 WIB

Benarkah Alquran Akui Ketuhanan Nabi Isa Alaihissalam?

Alquran justru menegaskan tentang kenabian Nabi Isa alaihissalam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran justru menegaskan tentang kenabian Nabi Isa alaihissalam.
Foto: wikipedia
Alquran justru menegaskan tentang kenabian Nabi Isa alaihissalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apakah Nabi Isa alaihissalam bisa menciptakan manusia sebagaimana Allah SWT menciptakan makhluk? 

Alquran memberi penjelasan tentang pertanyaan tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam dua ayat Alquran. Pertama, adalah Surat Ali Imran ayat 49. Allah SWT berfirman: 

وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ أَنِّي أَخْلُقُ لَكُمْ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ فَأَنْفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ وَأُحْيِي الْمَوْتَىٰ بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِي بُيُوتِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.”

 

Kedua, ialah al-Maidah ayat 110. Allah SWT berfirman: 

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَىٰ وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدْتُكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۖ وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ ۖ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنْفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِي ۖ وَتُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ بِإِذْنِي ۖ وَإِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتَىٰ بِإِذْنِي ۖ وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنْكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ

 “(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) di waktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan, (ingatlah) pada waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata." 

Baca juga : Alasan Tiga Mualaf Perempuan ini Memilih Islam

Dari dua ayat itu, dapat diketahui bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan ketuhanan pada diri Nabi Isa AS. Dua ayat tersebut menunjukkan kebenaran Nabi Isa sebagai utusan Allah SWT sehingga pada dirinya terdapat mukjizat.

Dalam kitab Injil pun demikian. Ada banyak teks dalam Injil yang membuktikan bahwa mukjizat yang ditunjukkan Nabi Isa AS itu terjadi atas izin Allah SWT. Artinya, Nabi Isa tidak melakukannya dalam kapasitas sebagai Tuhan Pencipta, tetapi sebagai utusan Allah.

"Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku." (Yohanes ayat 30, Injil)

Itu adalah teks yang jelas menggambarkan bahwa Nabi Isa tidak bisa melakukan apa pun atas kemauannya sendiri, kecuali apa yang Allah mungkinkan untuknya sehingga bisa melakukannya.

Sumber: islamweb 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement