Jumat 28 May 2021 18:34 WIB

Food Estate Sumsel Ciptakan Ekosistem Berkelanjutan

Sumsel provinsi penyangga pertanian yang ada di Indonesia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri Kick Off Food Estate
Foto: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri Kick Off Food Estate

REPUBLIKA.CO.ID, OGAN ILIR -- Keterlibatan pemerintah daerah, BUMN, perbankan, serta pelaku usaha sangat dibutuhkan dalam rangka mempercepat program Food Estate. Ini dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan petani dan menghadirkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Oleh karena itu, Kick Off Food Estate "Petani Bela Negeri" Agrosolution, yang dihelat di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/5), adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemda Sumatera Selatan bersama Kementerian Pertanian (Kementan), PT Pusri dan stakeholder lainnya untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga

Gubernur Sumsel, Herman Deru, dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang dilakukan hari ini adalah wujud dan komitmen Sumsel bersama pihak dalam menjaga stabilitas pangan melalui program Food Estate. "Hari ini, kami ingin tunjukkan kepada Bapak  Menteri bahwa semua yang Bapak perintahkan, sudah kami jalankan," kata Gubernur Herman.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh menyatakan dengan semangat transformasi bisnis dan visinya, PT Pusri terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para stakeholder. Salah satunya dengan diluncurkannya program agrosolution.

photo
Kick Off Food Estate Petani Bela Negeri Agrosolution, yang dihelat di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/5) - (Kementan)

Program ini akan memberikan pendampingan budidaya kepada petani, aplikasi teknologi pertanian, akses permodalan dan off take hasil panen dari stakeholder yang diharapkan dapat membantu petani mencapai hasil optimal yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kami siap mensupport bukan hanya Food Estate tapi juga komoditi lain sesuai dengan klaster, episentrum sawit, karet, dan juga singkong yang sudah kami siapkan pupuk spesifik," ujar Tri Wahyudi Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement