Kamis 28 Oct 2021 00:05 WIB

Jangan Simpan 9 Makanan Ini di Kulkas

Tidak semua makanan aman disimpan di dalam kulkas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Tidak semua makanan aman disimpan di dalam kulkas.
Foto: Wallpaper Flare
Tidak semua makanan aman disimpan di dalam kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyimpan makanan di lemari es mungkin menjadi cara paling ampuh untuk menjaganya awet tahan lama. Namun ternyata, tidak semua makanan aman disimpan di dalam lemari es.

Suhu dingin dan kelembapan di dalam kulkas dapat berdampak negatif pada beberapa bahan makanan segar. Jadi, jangan sembarang memasukan makanan ke dalam kulkas. 

Baca Juga

Melansir laman southern living, Rabu (27/10), berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Tomat

Suasana dingin dan lembap di dalam lemari es dapat memengaruhi tekstur tomat. Sebaiknya, jangan menyimpan tomat di kulkas dan jauhkan tomat dari sinar matahari langsung. Bila ingin disimpan di dalam kulkas, jenis tomat ceri adalah satu-satunya varietas yang cenderung bisa tahan lama di lemari es dan tidak cepat membusuk.

Bawang

Sebagian besar jenis bawang paling baik disimpan pada suhu ruangan, termasuk dapur, adalah tempat terbaik untuk menyimpannya. Jika bawang mulai berubah, maka bawang bisa mengeluarkan bau atau residu yang tidak sedap. Bila ingin menyimpan bawang di kulkas, maka haruslah dipotong, dan sisa bawang dapat disimpan dalam kantong atau wadah kedap udara di lemari es.

Kentang

Tdak ada alasan yang tepat untuk menyimpan segala jenis kentang di lemari es. Suhu ruang adalah tempat terbaik untuk menyimpan kentang, dan tempatkan di dalam keranjang atau kantong kertas. Suhu dingin cenderung mempengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati, dan mengubah teksturnya menjadi berpasir.

Minyak

Minyak seperti zaitun, alpukat, atau minyak sayur dapat mengental dan mengeras dalam suhu dingin. Kondisi ini tentu tidak disarankan untuk minyak. Itu sebabnya, jangan menyimpan segala jenis minya di dalam kulkas.

Pisang

Untuk mendapatkan rasa pisang terbaik, maka sebaiknya disimpan pada suhu ruang. Bahkan, menyimpan pisang pada suhu ruang juga bisa membuatnya cepat matang. Setelah pisang mulai berubah warna menjadi cokelat, konsumsi segera atau dibekukan. 

Pisang menyebabkan buah-buahan di sekitarnya lebih cepat matang. Jadi, jangan menyiman pesang berdekatan dengan jenis buah lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement