Kamis 02 Dec 2021 00:20 WIB

Ini Kapten Terbaik MU Versi Sir Alex Ferguson

Alex Ferguson menyebut Bryan Robson sebagai kapten terbaik yang pernah dimiliki MU.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Mantan kapten Manchester United, Bryan Robson.
Foto: AP/Apichart Weerawong
Mantan kapten Manchester United, Bryan Robson.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pelatih Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson menyebut Bryan Robson sebagai kapten terbaik yang pernah dimiliki MU. Ahli taktik asal Skotlandia tersebut memimpin Iblis Merah selama 27 tahun dan mempersembahkan banyak gelar di antaranya 13 gelar Liga Inggris.

Orang-orang seperti Eric Cantona, Roy Keane, dan Steve Bruce adalah kapten lain MU ketika Alex Ferguson menjadi pelatih. Namun bagi Ferguson, Robson yang paling mengesankan.

Baca Juga

“Dia dengan mudah menjadi kapten terbaik yang saya miliki. Saya pikir selama dia berada di Man United, dia adalah pemain terbaik. Para pemain mencintainya. Mereka menanggapinya dan dia adalah kapten terlama di zaman saya,” ujar Ferguson dilansir dari Sportskeeda, Rabu (1/12).

Ferguson mengatakan, sulit menjadi seorang kapten karena sang kapten harus mengatakan yang sebenarnya kepada rekan-rekannya. Ferguson mengungkapkan apa yang keluar dari mulut Robson terkadang membuat tim tak stabil. Tetapi para pemain tetap mencintainya.

Pernyataan Ferguson tentang Robson ia ungkapkan dalam acara promosi ‘Robbo’ yakni sebuah film tentang mantan gelandang MU tersebut. Ferguson juga memuji kemampuan Robson dalam mengambil keputusan di lapangan tanpa harus bertanya kepada pelatih.

“Mereka menghargai waktu yang dia ambil untuk mereka dan hal lain, dia satu-satunya kapten yang saya tahu yang bisa membuat keputusan di lapangan,” jelas Ferguson.

Ferguson menegaskan, Robson tanpa harus melihat pelatih di pinggir lapangan untuk mengambil keputusan. Sang pemain memiliki nyali untuk melakukan eksekusi dalam permainan.

Robson memegang ban kapten selama 12 tahun di MU dan delapan tahun di antaranya bersama Sir Alex Ferguson. Robson bermain untuk MU selama 13 tahun antara 1981 sampai 1994. Pemain asli Inggris tersebut memenangkan sembilan trofi untuk MU, termasuk dua gelar Liga Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement