Kamis 20 Jan 2022 04:16 WIB

Kemenag Segara Luncurkan Mushaf Alquran dengan Bahasa Isyarat

Mushaf Alquran tersebut akan berisi visualisasi atau simbol-simbol bahasa isyarat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Kepala LPMQ Muchlis M Hanafie
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kepala LPMQ Muchlis M Hanafie

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) akan segera meluncurkan Alquran bagi tunarungu Nantinya, mushaf Alquran tersebut akan berisi visualisasi atau simbol-simbol bahasa isyarat.

"Pekan kedua Februari kami akan finalisasi draft buku pedoman membaca dan menulis Alquran dalam bahasa isyarat," ujar Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kemenag, Dr Muchlis Hanafi, saat dihubungi Republika, Rabu (19/1).

Baca Juga

Tak hanya itu, di waktu yang sama pihaknya disebut akan mulai menyusun buku iqro dan juz amma dalam bahasa isyarat. Jika berdasarkan target, pada Agustus 2022 baru akan dilakukan peluncuran resmi pedoman, iqro dan juz amma tersebut.

Ia menyebut LPMQ Kemenag telah melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk proses penerbitan ini, termasuk Kementerian Pendidikan, sejak 2020.

Hal ini dilakukan atas permintaan komunitas penyandang disabilitas, terutama tuna rungu wicara. Dari hasil pertemuan dan pembahasan, ternyata ditemukan adanya kebutuhan mendesak terhadap standardisasi Alquran dalam bahasa isyarat.

"Lalu pembahasan berkembang pada kebutuhan mereka akan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar keislaman dalam bahasa isyarat," lanjut dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement