Dokter: Saat Puasa, Durasi Oahraga tak Perlu Dikurangi Drastis, Tapi ...

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 05 Apr 2022 18:53 WIB

Berolahraga saat puasa (Ilustrasi). Selama bulan puasa, durasi olahraga tidak perlu dikurangi drastis. Foto: Republika/Prayogi Berolahraga saat puasa (Ilustrasi). Selama bulan puasa, durasi olahraga tidak perlu dikurangi drastis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Rezky Achmad Isdyanta SpKKFR mengatakan, olahraga merupakan kebiasaan yang baik dijalankan meski tengah menjalankan puasa Ramadha. Lama waktu berolahraga saat tengah berpuasa pun tak perlu dikurangi drastis.

"Selamat kalau sudah ada kebiasaan rutin berolahraga meski sedang puasa, tetapi tidak perlu sangat dipotong jamnya, yang penting jangan sampai kelelahan saat berolahraga," ujar dr Rezky saat konferensi virtual Radio Kesehatan bertema Tetap Aktif, Sukses Menjalankan Ibadah Puasa Nan Suci, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Orang yang terbiasa berolahraga dengan durasi satu jam, misalnya, cukup menguranginya menjadi 30 menit. Lalu, lakukan juga penyesuaian dalam bentuk aktivitas fisiknya, contohnya dengan melakukan peregangan di atas matras.