Jumat 20 May 2022 08:54 WIB

Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

Jika ingin hidup sehat atau menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makanan ini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan terburuk bagi kesehatan menurut ahli. (Ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Makanan terburuk bagi kesehatan menurut ahli. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli gizi dan pakar kesehatan pasti selalu mengingatkan bahwa "kita adalah apa yang kita makan". Namun tidak ada yang benar-benar menerapkan itu, ingin sehat tapi memakan junkfood, tentu ini tidak akan mungkin.

Apalagi banyak camilan di rak bahan makanan yang mengandung kalori dan gula, sulit untuk menahan godaan lezat tersebut. Itulah mengapa para ahli dan pakar itu membuat daftar makanan terburuk bagi tubuh.

Jadi, jika ingin hidup sehat atau menurunkan beberapa kilogram berat badan, berikut adalah makanan terburuk yang harus dihindari tubuh seperti dilansir di laman Eat This Not That, Kamis (19/5/20222):

1. Keripik kentang

 

Keripik garam dan cuka menghasilkan 500 miligram natrium dan sekitar seperempat sendok teh garam, yaitu sekitar sepertiga dari total miligram natrium, yang menurut The American Heart Association rata-rata harus dicapai oleh orang dewasa dalam sehari. Sebuah studi New England Journal of Medicine menemukan bahwa keripik kentang menambahkan lebih banyak kilogram ke tubuh konsumen dibandingkan minuman manis, daging olahan, daging merah, dan makanan lainnya.

2. Ayam goreng tepung

Ayam dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat untuk daging merah. Hal tersebut lantaran ayam lebih rendah lemak jenuh dibandingkan daging sapi dan merupakan sumber protein yang bagus. Namun, melapisi ayam dengan tepung dan digoreng dalam minyak panas akan mengubah protein bergizi menjadi salah satu makanan yang paling tidak sehat.

3. Donat

Adonannya "berbahaya", terbuat dari tepung putih, gula, dan mentega nabati, lalu digoreng. Ini berarti donat juga mengandung lemak trans, jenis terburuk yang meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

4. Fondant

Apa yang ada di dalamnya? Gula (25 gram per takaran saji), air, gelatin, lemak nabati atau shortening, dan gliserol. Bahan terakhir yaitu propilen glikol telah dikaitkan dapat menyebabkan kesehatan ginjal memburuk.

5. Daging deli (daging olahan berbentuk lembaran)

Daging deli yang diawetkan mengandung pengawet yang disebut natrium nitrat yang dapat memicu peradangan kronis di arteri, yang menyebabkan aterosklerosis atau penyempitan arteri. Tetapi jika benar-benar ingin membuat sandwich, maka harus mengevaluasi daftar 30 daging deli kemasan terbaik.

6. Kentang goreng keju

Semua orang mengenali kentang goreng sebagai contoh makanan buruk, jadi tidak mengherankan jika kentang akan semakin buruk ketika disiram saus keju. Saus keju dapat mengandung 430 miligram natrium, atau 19 persen dari nilai natrium harian yang direkomendasikan.

7. Sup kalengan

Bahkan sup dengan banyak kacang dan sayuran bisa menjadi sangat asin. Misalnya, seseorang akan kesulitan menemukan sup kacang polong yang enak di bawah 500 miligram sodium per porsi. Tidak heran sup kalengan termasuk dalam "Enam Asin Terlarang" menurut American Heart Association.

8. Krimer kopi nonsusu

Krimer kopi yang bertahan lama biasanya dibuat dari minyak terhidrogenasi parsial, dalam istilah lain yakni lemak trans. Ingat, lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke dengan meningkatkan kolesterol LDL (jahat).

9. Margarin

Mengonsumsi satu batang margarin meningkatkan risiko penyakit jantung koroner karena mengandung lemak trans. Menurut sebuah studi, semakin padat margarin, semakin banyak lemak trans.

10. Hotdog

Menurut asosiasi perdagangan Dewan Hotdog dan Sosis Nasional di AS, hotdog dibuat dari potongan daging sapi yang lebih baik lalu membentuk daging giling, steak, dan lainnya, kemudian dicampur dengan nitrat untuk membantu protein daging terikat bersama. Hotdog tinggi lemak jenuh, natrium, dan banyak mengandung nitrat, pengawet yang terkait dengan kanker.

11. Burger vegetarian

Mengadopsi pola makan nabati adalah langkah yang cerdas, kecuali jika memilih produk yang menukar bahan lain yang tidak sehat dengan sayuran. Beberapa burger nabati akan menambahkan lemak, dan seringkali, lemak yang ditambahkan adalah lemak jenuh.

“Lemak jenuh memiliki hubungan dengan peningkatan kolesterol jahat, dan kekhawatirannya adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung,” ujar ahli gizi dan ahli diet di Mayo Clinic, Katherine Zertasky.

12. Sereal berlapis gula

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa sereal mengandung banyak gula dan karbohidrat, serta nol serat. Itulah mengapa sereal dianggap sebagai sarapan terburuk untuk menurunkan berat badan. Ide yang lebih baik untuk sarapan adalah menambahkan sedikit susu cokelat ke oatmeal hangat.

13. Roti gandum madu

Apa yang membuat sesuatu terdengar begitu sehat seperti roti gandum madu, tapi masuk dalam kandidat daftar sarapan terburuk? Itu menipu, karena roti gandum madu tidak jauh berbeda dengan roti tawar. Seperti kebanyakan roti putih, seratnya telah dihilangkan meskipun ada kata ‘gandum’ di namanya.

14. Bagel

Ini adalah salah satu makanan sarapan terburuk, bola besar adonan tepung putih setara dengan karbohidrat sekitar lima potong roti panggang. Bahkan jika bagel rata-rata mengandung sekitar 250 kalori, maka itu tetap akan membuat perut segera merasa lapar. Ini akan meningkatkan gula darah dengan cepat, diikuti dengan penurunan yang sama cepatnya, yang akan membuat rasa ingin memakan lebih.

15. White Russian

Dibuat dengan vodka, Kahlua, dan krim kental (setengah), White Russian dikemas dengan hampir 600 kalori dan 16 gram gula. Tidak hanya ini, semua minuman beralkohol dianggap buruk untuk tubuh. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement