Sabtu 21 May 2022 16:56 WIB

Ryu Yong-chol, Wajah Korea Utara dalam Keterbukaan Informasi Covid-19

Korea Utara telah melaporkan 2.241.610 orang menderita demam dan 65 kematian.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
 Orang-orang menonton layar TV yang menampilkan laporan berita tentang wabah COVID-19 di Korea Utara, di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 14 Mei 2022. Pejabat bernama Ryu Yong-chol ini telah menjadi wajah publik dari pertempuran Korea Utara yang terisolasi itu melawan epidemi.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Orang-orang menonton layar TV yang menampilkan laporan berita tentang wabah COVID-19 di Korea Utara, di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 14 Mei 2022. Pejabat bernama Ryu Yong-chol ini telah menjadi wajah publik dari pertempuran Korea Utara yang terisolasi itu melawan epidemi.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Setiap hari pada pukul 09.30 waktu Korea Utara (Korut), seorang pejabat yang berbicara lembut telah muncul di televisi untuk melaporkan jumlah orang yang menderita demam dan kematian baru. Dia bertugas menjelaskan langkah-langkah untuk menghentikan wabah Covid-19 di Korea Utara.

Pejabat bernama Ryu Yong-chol ini telah menjadi wajah publik dari pertempuran negara yang terisolasi itu melawan epidemi. Dia setara dengan ahli penyakit menular asal Amerika Serikat Dr Anthony Fauci atau direktur badan pencegahan penyakit Korea Selatan Jeong Eun-kyeong.

Selama lebih dari dua tahun, dengan perbatasan disegel, Korea Utara tidak melaporkan satu pun kasus Covid-19. Sejak mengkonfirmasi wabah pertama dan menyatakan keadaan darurat pekan lalu, Korea Utara telah mengubah taktik.

Negara itu tampaknya mengambil petunjuk dari buku pedoman banyak negara lain, termasuk merilis data terperinci tentang penyebaran virus dan saran tentang cara menghindarinya. Ryu salah satunya yang menjadi tokoh terdepan.

Menurut kantor berita resmi Korea Utara KCNA, Ryu bekerja untuk markas besar pencegahan epidemi darurat negara bagian yang baru dibentuk untuk mengatasi Covid-19. Dia mengetuai pertemuan hari, meski tanpa pertanyaan dari para wartawan.

Ryu akan mengenakan setelan jas dan dengan kacamata berbingkai tanduk, dengan tampilan tidak biasa di televisi Korea Utara yang diatur ketat. "Kita harus memperkuat upaya untuk mengendalikan dan mengisolasi setiap dan setiap orang yang terinfeksi tanpa kecuali sehingga benar-benar menghilangkan ruang di mana penyakit menular dapat menyebar," kata Ryu pada Jumat (20/5/2022).

Meski telah menjadi wajah publik perlawan pemerintah Korea Utara terhadap Covid-19, hanya sedikit informasi yang diketahui tentang Ryu, termasuk kualifikasi medisnya. Dalam laporan media pemerintah Juli 2017, seorang direktur jenderal di Kementerian Kesehatan dengan nama yang sama menuduh Korea Selatan merencanakan serangan teror biokimia terhadap pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Korea Selatan membantah tuduhan itu. Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan Korea Utara mengatakan, Ryu sebelumnya memegang posisi itu, meskipun tidak jelas apakah dia adalah orang yang disebutkan dalam laporan itu.

Korea Utara telah melaporkan 2.241.610 orang menderita demam dan 65 kematian di antara 25 juta penduduknya. Negara ini tidak memiliki kapasitas pengujian dan belum menentukan berapa banyak dari orang-orang itu yang telah dikonfirmasi telah tertular Covid-19.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement