Senin 20 Jun 2022 09:36 WIB

Dehidrasi Berbahaya Bagi Pengidap Diabetes, Dokter: Perhatikan Kecukupan Cairan Tubuh

Minum air putih juga sangat bagi pengidap diabetes karena tidak mengandung kalori.

Ilustrasi minum air putih. Penting bagi pengidap diabetes untuk mencegah dehidrasi.
Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi minum air putih. Penting bagi pengidap diabetes untuk mencegah dehidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengidap diabetes melitus harus selalu memperhatikan kecukupan cairan tubuh. Itu penting untuk menghindari dehidrasi.

"Sangat penting mencegah dehidrasi, karena kondisi dehidrasi dikhawatirkan memiliki kemungkinan menyebabkan kadar gula darah cenderung naik," kata dr Andreas SpPD ketika dihubungi dari Jakarta, Ahad (19/6/2022).

Baca Juga

Dr Andreas menjelaskan bahwa minum air putih juga sangat baik bagi pengidap diabetes melitus. Sebab, air putih tidak mengandung kalori, sehingga tidak akan menimbulkan pengaruh bagi kadar gula darah.

"Pada kasus tertentu, misalnya saat pengidap diabetes merasa lapar, coba konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup. Harapannya untuk memastikan apakah memang dalam kondisi lapar atau hanya haus, maksud saya dengan memanfaatkan efek kenyang karena air putih," kata dokter yang praktik di sejumlah rumah sakit di Purwokerto, Kabupaten Banyumas itu.

Dr Andreas menjelaskan bahwa pengidap diabetes melitus harus memperhatikan porsi makan, baik makan besar maupun makanan selingan. Sebab, hampir sebagian besar makanan berkalori.

"Semakin banyak makan memiliki potensi untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement