Selasa 04 Oct 2022 15:27 WIB

Kilang Balongan Terima Kunjungan Mahasiswa ITPB

Para mahasiswa mendapatkan penjelasan materi dan overview proses bisnis.

Mahasiswa jurusan Fire & Safety Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) mendapat penjelasan terkait bisnis kilang RU VI Balongan, Indramayu.
Foto: Istimewa
Mahasiswa jurusan Fire & Safety Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) mendapat penjelasan terkait bisnis kilang RU VI Balongan, Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT KPI RU VI Balongan menerima kunjungan industri mahasiswa jurusan Fire & Safety Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) yang dulu bernama Akamigas Balongan. Para mahasiswa mendapatkan penjelasan materi dan overview proses bisnis Kilang RU VI Balongan 

Kunjungan 30 mahasiswa ini mendapat sambutan baik dari perusahaan. Supervisor safety OSBL dan utilities Nyono Safarun mewakili perusahaan menyampaikan, rasa terima kasih atas kunjungan industri yang dilaksanakan.

“Bagi pekerja Pertamina kesempatan ini merupakan hal yang baik untuk memperkenalkan RU VI lebih baik serta berbagi pengetahuan khususnya tentang aspek safety,” kata Nyono dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (4/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Nyono memperkenalkan Corporate Life Saving Rules serta Golden Rules sebagai budaya safety yang diterapkan untuk seluruh pekerja dilingkungan RU VI Balongan kepada para mahasiswa yang hadir.

"Diharapkan mahasiswa IPTB mendapatkan pengetahuan tentang dunia kerja nyata khususnya dibidang safety," kata Nyono.

Sementara itu Dosen Fire & Safety ITPB Amiroel Pribadi mengatakan, bahwa tujuan melakukan kunjungan industri adalah untuk melihat langsung bagaimana lingkungan pekerjaan yang sesunguhnya.

“Melalui kunjungan lapangan ini, kami berharap para mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana kerja lapangan. Secara teori sudah kami berikan tapi belum melihat benda nyatanya, melalui kunjungan ini akan dapat mereka lihat. Kunjungan industri ini sangat baik untuk mahasiswa kami,” kata Amiroel.

Walau kunjungan tidak dapat dilakukan langsung ke dalam kilang dikarenakan kesibukan kegiatan operasi, namun para mahasiswa terlihat sangat aktif, terutama dengan banyaknya pertanyaan pada sesi diskusi.

Di akhir kunjungan, mahasiswa diperkenankan untuk melihat langsung kilang RU VI Balongan walaupun terbatas di luar pagar keamanan dan melakukan sesi foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement