Kamis 06 Oct 2022 11:24 WIB

Sejarah Hari Ini: Presiden Mesir Anwar Sadat Dibunuh

Anwar Sadat ditembak empat kali dan meninggal dua jam kemudian.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Hafil
Sejarah Hari Ini: Presiden Mesir Anwar Sadat Dibunuh. Foto:   Hosni Mubarak saat masih menjabat Wakil Presiden, berdampingan dengan Presiden Anwar Sadat (6 Januari 1981)
Foto: AP
Sejarah Hari Ini: Presiden Mesir Anwar Sadat Dibunuh. Foto: Hosni Mubarak saat masih menjabat Wakil Presiden, berdampingan dengan Presiden Anwar Sadat (6 Januari 1981)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Pada 6 Oktober 1981, ekstrimis Islam membunuh Presiden Mesir Anwar Sadat saat ia tengah menghadiri parade militer dalam peringatan Perang Yom Kippur. Sejumlah pejabat lainnya termasuk diplomat asing tewas maupun terluka parah.

Seperti dilansir laman History, Kamis (6/10/2022), pemimpin ekstrimis Khaled el Islambouli, seorang letnan di tentara Mesir yang memiliki hubungan dengan kelompok teroris Takfir Wal-Hajira memimpin para teroris, semuanya mengenakan seragam tentara. Mereka berhenti di depan tempat peninjauan dan melepaskan tembakan dan melemparkan granat ke kerumunan pemerintah Mesir.

Baca Juga

Sadat ditembak empat kali dan meninggal dua jam kemudian. Sepuluh orang lainnya juga tewas dalam serangan itu.

Catatan layanan publik Sadat memang luar biasa untuk Mesir, seperti ia berperan penting dalam memenangkan kemerdekaan bangsa dan mendemokratisasikannya. Namun ada negosiasi damainya yang kontroversial dengan Israel pada 1977-78 di mana ia dan Menachem Begin memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian.

Hal ini menjadikannya target ekstremis di Timur Tengah. Sadat juga membuat marah banyak orang dengan membiarkan Shah Iran yang sakit mati di Mesir daripada dikembalikan ke Iran untuk diadili atas kejahatannya terhadap negara.

Pemimpin Libya Muammar Qadaffi, yang mensponsori Takfir Wal-Hajira, telah merekayasa upayanya sendiri yang gagal atas kehidupan Sadat pada 1980. Terlepas dari ancaman yang terkenal pada hidupnya, Sadat tidak menarik diri dari mata publik. Ia justru meyakini hal ini penting bagi kesejahteraan negara dan bahwa dia terbuka dan tersedia.

Sebelum menjalankan rencana mereka, tim pembunuh Islambouli menggunakan ganja untuk menghormati tradisi Timur Tengah yang sudah berlangsung lama. Saat kendaraan mereka melewati tempat peninjauan, mereka melompat keluar dan mulai menembak. Wakil Presiden Hosni Mubarak sedang duduk di dekat Sadat tetapi berhasil selamat dari serangan itu. Mengambil alih negara ketika Sadat meninggal, Mubarak menangkap ratusan orang yang diduga terlibat dalam konspirasi untuk membunuh Sadat.

Akhirnya, dakwaan diajukan terhadap 25 pria, yang diadili pada November. Banyak dari mereka yang didakwa tidak bertobat dan dengan bangga mengakui keterlibatan mereka. Islambouli dan empat lainnya dieksekusi, sementara 17 lainnya dijatuhi hukuman penjara.

Sumber:

https://www.history.com/this-day-in-history/the-president-of-egypt-is-assassinated

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement