Jamaah Kalsel Diminta Bersabar Menunggu Keppres BPIH
Senin , 09 Apr 2018, 17:16 WIB

Republika/Agung Supriyanto
Antrean nasabah untuk melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Banking Hall Bank Syariah mandiri (BSM) Cabang Mayestik, Jakarta, Senin (10/4).

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi meminta jamaah untuk bersabar menunggu Ketetapan Presiden (Keppres) terkait besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2018 untuk Embarkasi Banjarmasin. "Karena sampai sekarang belum juga Keppresnya dikeluarkan, hingga kita harus sama-sama menunggu, jadi semuanya harus sabar," ujar Noor Fahmi saat di kantor Kanwil Kemenag Kalsel, Senin (9/4).

Menurut dia, jadwal pelunasan BPIH 2018 yang sudah dibuka sejak 3 April 2018 hingga 18 April 2018 akan bisa diperpanjang apabila dalam beberapa hari ke depannya Keppres itu masih belum juga keluar. Dia memastikan, tidak ada gangguan tahapan proses keberangkatan haji tahun ini dengan belum di keluarkannya Keppres tentang BPIH per embarkasi tersebut, di mana jadwal pelunasan BPIH sudah berjalan sekitar satu minggu.

"Terlambat sedikit tentang pelunasan BPIH ini tidak mengapa, proses tahapan keberangkatan haji lainnya tetap jalan," ujarnya.

Sebagaimana dinyatakan dia sebelumnya, besaran BPIH untuk embarkasi Banjarmasin pada tahun ini mengalami kenaikan dari tahun lalu, sekitar Rp 345 ribu. Pada 2017 lalu sebesar Rp 37.705.900. "Kita perkirakan BPIH Embarkasi Banjarmasin tahun ini menjadi sebesar Rp 38 juta," ungkapnya.

Kenaikan ini dikarenakan, salah satunya, ujar Noor Fahmi, adanya penambahan jatah makan jamaah haji saat di tanah suci Makkah, yakni, dari sebelumnya 25 kali, menjadi 40 kali. "Hal-hal lainnya ada juga, tapi intinya untuk peningkatan pelayanan bagi jamaah haji juga," tuturnya.

Dia menambahkan, dari 12 Embarkasi di Indonesia, Embarkasi Banjarmasin masuk BPIH tertinggi nomor empat, diatasnya lagi, yakni, nomor tiga adalah Embarkasi Balikpapan, kedua Embarkasi Makasar dan ketiga Embarkasi Lombok. "Kalau BPIH yang terendah itu Embarkasi Aceh, kemudian Medan dan Batam," ujarnya.

Sementara itu, untuk kuota haji Kalsel dipastikan masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni, 3.831 jamaah. "Kita harap jamaah yang sudah memiliki jadwal kursi keberangkatan tahun ini untuk menyiapkan segala halnya, termasuk pelunasan BPIH, dan yang terpenting lagi menjaga kesehatan jasmani dan rohani," ujarnya.

Redaktur : Agus Yulianto

BERITA LAINNYA