95 Persen Jamaah Calhaj Asal Purwakarta Miliki Paspor
Selasa , 19 Feb 2019, 12:40 WIB

Paspor Haji

IHRAM.CO.ID, PURWAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta, mengebut penyelesaian tahapan haji 2019. Saat ini, tahapan yang hampir rampung yaitu soal paspor calon jamaah. Dari kuota 758 calon jamaah haji, yang telah selesai membuat paspor mencapai 95 persennya. Dengan begitu, tahapan pembuatan paspor ini tinggal finishing.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kabupaten Purwakarta, Hasbialloh, mengatakan, dari kuota 758 calon jamaah ini, yang mengurus paspor secara kolektif ada 500 calon jamaah. Selebihnya, mengurus paspor secara mandiri.

"Saat ini, yang pengurusan paspor secara kolektif sudah 95 persen. Tinggal menyisakan lima persen lagi," ujar Hasbialloh, kepada Republika.co.id, Selasa (19/2).

Bila tahapan pembuatan paspor ini sudah selesai, lanjutnya, tinggal memasuki tahapan selanjutnya. Seperti, pemeriksaan kesehatan ataupun manasik haji. Untuk pemeriksaan kesehatan, sudah mulai berlangsung. Yakni, di setiap puskesmas.

Terkait dengan pelunasan biaya haji 2019, Hasbialloh mengaku, hingga saat ini masih menunggu regulasinya. Meskipun, secara resmi pemerintah sudah mengumumkan besaran biaya haji tahun ini yang mencapai Rp 35,2 juta per orangnya.

"Jadi, untuk tahapan pelunasan biaya haji, masih menunggu Keppres," ujar Hasbialloh.

Dengan begitu, sampai saat ini di Purwakarta belum ada yang melunasi biaya haji. Meski demikian, tahapan untuk pemberangkatan haji ini terus dilengkapi. Supaya, saat hari H pemberangkatan, semuanya sudah terpenuhi. Sehingga, 758 warga Purwakarta ini bisa menunaikan ibadah haji dengan tenang.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Ita Nina Winarsih

BERITA LAINNYA