DPR akan Undang Kemenag Bahas Tambahan Kuota Haji
Rabu , 17 Apr 2019, 11:00 WIB

Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mujahid, mengatakan bahwa ia menyambut baik adanya penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu bagi Indonesia. Karena itu, ia mengatakan DPR akan segera mengundang kementerian agama (Kemenag) untuk membahas soal tambahan anggaran terkait penambahan kuota haji ini.

Baca Juga:

"Kemenag agar segera mempersiapkan akomodasi dan transportasi untuk tambahan jamaah ini," kata Sodik melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Rabu (17/4).

Ia berharap kebijakan ini menjadi janji nyata dari pemerintah Saudi. Karena menurutnya, ada beberapa janji seperti pembayaran bagi korban musibah jatuhnya crane di Masjid Al Haram di Makkah yang hingga kini belum lunas.

Selain itu, politikus Partai Gerindra ini juga berharap Kerajaan Saudi sudah mempertimbangkan dengan matang penambahan kuota haji bagi Indonesia ini. Terutama, menurutnya, yang berkaitan dengan rasio kapasitas tenda di tanah suci.

"Jangan seperti tahun kemarin di mana jamaah tidur dan tinggal bertumpuk dalam tenda di Mina," tambahnya.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji sebanyak 10 ribu jamaah bagi Indonesia pada pelaksanaan haji 2019. Kebijakan demikian muncul setelah kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Saudi, Senin (15/4).

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA