Calhaj Kota Ambon Tertunda Laksanakan Manasik Haji
Jumat , 26 Apr 2019, 19:35 WIB

Republika/MgROL107
Calon jamaah haji mendengarkan pengarahan dan melakukan manasik di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur sebelum berangkat ke Tanah Suci esok hari, Senin (23/7).

IHRAM.CO.ID, AMBON—  Para calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Ambon yang akan ke tanah suci pada 2019 hingga saat ini belum melaksanakan manasik karena anggaran untuk kegiatan tersebut belum ditetapkan.

Baca Juga:

"Padahal sesuai jadwal manasik sudah harus dilaksanakan pada 16 April 2019 untuk calhaj kabupaten dan kota," kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Wahab Putuhena di Ambon, Jumat (26/4).

Dia mengatakan kuota haji untuk Kota Ambon pada 2019 tercatat 368 orang, dan hingga kini yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sebanyak 281 orang, sedangkan sisanya belum proses pelunasan walaupun paspor sudah siap.

Hal itu, katanya, karena terkait dua hal, yakni tidak diterimanya informasi secara maksimal dan proses gagal sistem. 

Biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun ini sekitar Rp 39.205.741, dana ini di luar tanggungan embarkasi yang masih menunggu keputusan DPRD yang akan memutuskan biaya embarkasi Ambon-Makassar.

Terkait dengan pembuatan paspor haji, kata dia, hingga kini para calhaj asal Kota Ambon yang sudah memiliki paspor 342 orang, sedangkan yang belum sebanyak 26 orang.

"Kantor Kemenag Kota Ambon sudah mengupayakan agar mereka bisa menyelesaikannya dengan cepat dengan mempergunakan pihak media massa untuk memintakan para calon jamaah haji yang hingga kini belum menyelesaikan proses pembuatan paspor agar segera diselesaikan," ujar dia.

 

Redaktur : Nashih Nashrullah
Sumber : Antara

BERITA LAINNYA