Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Mahasiswa UM Magelang Ciptakan Permen dari Sirsak

Rep: Heri Purwata
Daun sirsak
dokterkamu.com Daun sirsak

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah berhasil membuat permen sirkaya jawa (Kawa). Hasil ciptaan ini berhasil lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 Bidang PKM Kewirausahaan tahun 2015.  

Sponsored
Sponsored Ads

Mutiara Fitri bersama empat temannya mengajukan proposal berjudul “Permen KAWA, Permen Sehat, Nikmat, Kaya Manfaat”  dengan total biaya Rp 10.752.400. Mereka dinyatakan lolos untuk mengikuti Lomba Pimnas bulan Oktober mendatang di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dijelaskan Fitri permen Kawa adalah permen yang terbuat dari daun sirsak atau sirkaya Jawa yang disingkat Kawa. "Kami memilih permen, karena permen merupakan makanan kecil yang mengasyikan dengan aneka tampilan, bentuk, warna, rasa dan kemasan yang semakin bervariasi," kata Fitri di Magelang, Rabu (12/8/2016).

Scroll untuk membaca

Permen Kawa merupakan makanan sehat dan organik. "Saat ini makanan yang sehat dan organik masih sulit didapat," kata Fitri.

Lebih lanjut Fitri menjelaskan, proses pembuatan permen Kawa sangatlah mudah. Daun sirsak dicuci kemudian direbus. Air rebusan tersebut kemudian disaring dan dicampur dengan agar-agar, gula pasir dan gula batu. Selanjutnya direbus kembali sampai mendidih dan menjadi kenyal.

Adonan yang masih panas dituangkan ke dalam cetakan. Setelah dingin dikeluarkan dari cetakan untuk dijemur kemudian dibungkus dan dikemas. Setiap kemasan berisi lima bungkus permen yang dijual dengan harga Rp 4 ribu.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>