Clock Magic Wand Quran Compass Menu

MB-IPB Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

MB-IPB
MB-IPB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB) berhasil meraih peringkat Sekolah Bisnis terbaik di Indonesia dan Sekolah Bisnis terbaik ketiga di Asia Tenggara menurut versi Webometrics 2012.

Sponsored
Sponsored Ads

Arief menambahkan, pencapaian peringkat bukanlah tujuan akhir, tetapi jauh lebih penting adalah bagaimana Sekolah Bisnis seperti MB-IPB dibandingkan dengan 'the best practices' dalam standar publikasi online Sekolah Bisnis tingkat dunia (world class business school).

Di samping itu, Webometrics Sekolah Bisnis dapat digunakan sebagai sarana promosi keberadaan dan keterkenalan (keunggulan) Sekolah Bisnis di seluruh dunia. Keunggulan akademik diukur berdasarkan kualitas web atau kualitas publikasi elektronik mereka. Periode penilaian dilakukan dua kali dalam satu tahun, yaitu Januari dan Juli.

Scroll untuk membaca

Menurutnya, peringkat tertinggi yang dicapai oleh MB-IPB dibandingkan dengan sekolah-sekolah bisnis lainnya di Indonesia merupakan salah satu parameter untuk mengukur capaian kinerja dari upaya yang selama ini dilakukan.

Ia mengungkapkan, pada pemeringkatan yang dikeluarkan Januari 2011, MB-IPB menempati peringkat kedua di Indonesia dan peringkat 320 dunia untuk kategori sekolah bisnis.

Peningkatan peringkat pada tahun ini menggambarkan bahwa publikasi ilmu pengetahuan dan informasi melalui penggunaan website semakin membudaya diantara para pengajar, peneliti dan mahasiswa di MB-IPB.

Dijelaskannya, ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20 persen), Impact (50%), Openness (15 persen), dan Excellence (15 persen persen).

Parameter Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi sekolah bisnis yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web sekolah (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

Openness (Rich File) merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website sekolah bisnis yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Dalam daftar 500 besar Sekolah Bisnis terbaik dunia, ada sejumlah kampus dari Indonesia yang masuk daftar Webometrics. Beberapa kampus itu antara lain adalah MB-IPB (Peringkat 100 dunia), Institut Manajemen Telkom (154), Prasetya Mulya Business School (216), Sekolah Bisnis Manajemen ITB (446), MM-UGM (452) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkuceswara (471).

sumber : Antara

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>