Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Menabung 20 Tahun, Tukang Parkir Ini Dirikan Sekolah

Rep: mj05
Bang Jek bersama istrinya
Republika/Mj05 Bang Jek bersama istrinya

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain bukan hanya monopoli orang berada. Siapapun dapat berguna bagi orang lain selama memiliki niat yang kuat dan keyakinan diri. Itulah yang diyakini oleh Undang Suryaman (39 tahun), pemilik sekaligus pendiri Taman Kanan-kanak (TK) Ar Raudatul Jannah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Sponsored
Sponsored Ads

Pria yang akrab disapa Bang Jek, bukanlah orang berada maupun berlatar belakang akademik yang mengagumkan. Bang Jek merupakan tukang parkir di pelataran kampus Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Meski hanya berprofesi sebagai tukang parkir, Bang Jek memiliki TK bernama Ar Raudatul Jannah yang didirikannya di kampung Babakan Loa, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek. Selain TK, bang Jek juga mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang terletak tidak jauh dari TK miliknya.

Scroll untuk membaca

Sekolah tersebut didirikannya dengan dana hasil tabungannya selama 20 tahun menjadi tukang parkir. Bang Jek bekerja menjadi juru parkir di Fikom Unpad sejak 1992. “Sudah 20 tahun lebih di Himapa alias Himpunan Mahasiswa Parkir. Kalau sekolah mah kayaknya udah jadi profesor doktor,” ujar Bang Jek ketika ditemui di depan sekolah yang didirikannya, belum lama ini.

Bang Jek mengaku sempat beberapa kali beralih profesi untuk mencari peruntungan lain. Dirinya mengaku pernah menjadi penjual makanan, seperti cilok dan batagor. Namun karena merasa tidak betah, Bang Jek kembali ke pekerjaan lamanya sebagai juru parkir. Bang Jek mengaku mengumpulkan uang untuk membangun sekolah tersebut sedikit demi sedikit. Empat tahun lalu, cita-citanya mendirikan sekolah pun terwujud, tepatnya 5 April 2012.

Bang Jek mengaku, mendirikan sekolah merupakan cita-citanya dan istri, Yani Novita Sari (36), sejak lama. Keinginan mendirikan sekolah tidak lepas dari masa lalu Bang Jek yang cukup suram. Bang Jek kecil rupanya putus sekolah karena orang tuanya tak mampu membiayai sekolahnya. Padahal ketika itu, Bang Jek sangat bersemangat mendapat ilmu di sekolah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>