Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Siswa SD Muhammadiyah 2 Kauman Antusias Praktik Bertani

Siswa SD Muhammadiyah 2 Kauman belajar menanam padi

Rep: Andrian Saputra
Aktivitas bertani dalam kawasan urban (ilustrasi)
PATH TO THE FREEDOM Aktivitas bertani dalam kawasan urban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ---  Puluhan siswa SD Muhammadiyah Kauman Solo begitu antusias mengikuti praktik bertani di kawasan Argo Amanah Karanganyar pada Selasa (12/2). Didampingi para gurunya, siswa SD Muhammadiyah 2 Kauman belajar menanam padi hingga budidaya sayur pakcoy hijau.

Sponsored
Sponsored Ads

Ada sebanyak 84 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Kauman, Suyanto mengatakan kegiatan tersebut sebagai program pembelajaran di luar sekolah yang rutin dilakukan. Kegiatan tersebut menurut Suyanto kegiatan tersebut menegaskan sekolah tak hanya menekankan aspek kognitif semata tetapi juga pengembangan aspek afektif dan psikomotorik serta pendidikan karakter pada siswa.

“Dalam outting class tersebut nilai-nilai pendidikan karakter nampak sekali misalnya kerjasama, gotong royong, disiplin. Anak-anak sangat antusias. Mereka praktik secara langsung menanam padi dan panen pakcoy,” tutur Suyanto dalam rilis sekolah yang diterima Republika pada Selasa (12/2).

Scroll untuk membaca

Tak hanya praktik bertani, para siswa pun diajak untuk melatih ketangkasan dengan bermain tali, menyusur sungai dan berenang. Kegiatan itu pun diharapkan menambah pengalaman dan pengetahuan baru bagi para siswa.

Salah satu siswa, Azka mengaku gembira dapat mengikuti kegiatan tersebut. Dia mengaku baru pertama kalinya praktik bertani dengan menanam padi dan memanen pakcoy. “Saya senang karena bisa tahu cara menanam padi dan pakcoy,” katanya. Andrian Saputra

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>