Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Melihat Truk Canggih Mercedes Benz Actros 3242 LS

Actros 3242 LS tampil di GIICOMVEC 2020.

Rep: Eric Iskandarsjah Z
Mercedes-Benz Actros 3242 LS
republika/eric Mercedes-Benz Actros 3242 LS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- GIICOMVEC 2020 yang sudah berlangsung pekan lalu menjadi ajang bagi pabrikan untuk menunjukan taringnya. Beragam truk dengan teknologi terkini pun dihadirkan. Dari sekian banyak pabrikan, Mercedes-Benz menjadi pabrikan yang menghadrikan truk heavy duty tercanggih.

Sponsored
Sponsored Ads

Dalam pameran yang digelar pada 5 hingga 8 Maret di JCC Senayan itu, Mercedes-Benz menghadirkan salah satu line-up tertinggi dalam jajaran produk truk yakni Mercedes-Benz Actros 3242 LS. Otomatis, truk bongsor dengan tampang tampan ini pun jadi salah satu primadona dalam pameran itu.

Mercedes-Benz Actros 3242 LS merupakan sebuah truk tangguh dan efisien yang dihadirkan dalam desain aerodinamis. Dari aspek kemampuan, produk tractor head ini didesain dengan gross vehicle weight hingga 32 ton dan tenaga sebesar 422 tenaga kuda.

Scroll untuk membaca

Hal itu didukung oleh mesin OM 460 LA 12,8 liter euro3 dengan torsi sebesar 2.100 Nm. Tenaga itu pun disalurkan pada sistem penggerak 6x4 lewat transmisi PowerShift3 dengan 12 percepatan.

Transmisi inilah yang cukup berperan strategis dalam menekan penggunaan bahan bakar. Karena, transmisi ini mampu melakukan perpindahan gigi 30 persen lebih cepat dan mencegah kesalahan pengemudi dalam penggunaan rasio gigi. Sehingga, sistem ini diklaim mampu menghemat bahan bakar hingga 20 persen.

Seperti produk Mercedes pada umumnya, truk ini pun dibekali dengan beberapa fitur keamanan mutakhir. Berkat active brake assist4, truk ini mampu melakukan pengereman otomatis untuk menghindari kecelakaan. Demi menunjang sistem ini, maka Mercedes pun menanamkan radar dan kamera untuk mendeteksi jarak ideal antara truk dan obyek di depan.

Tak hanya itu, fitur tersebut pun didukung dengan teknologi proximity control assist with stop and go function. Dengan teknologi ini, maka jarak ideal dengan kendaraan di depan pun dapat selalu terjaga. Dalam kondisi macet, fitur ini juga membuat pengemudi pun dapat melaluinya dengan mudah tanpa harus menginjak pedal rem dan pedal gas.

Bukan hanya itu saja, truk yang ditawarkan dengan harga lebih dari Rp 1 miliar itu pun dibekali dengan fitur lane keeping assist yang membantu pengemudi agar tetap berada dalam lintasan jalan yang tepat. Kemudian, pabrikan Jerman itu pun menanamkan firu attention assist yang mampu melakukan deteksi tingkat kelelahan pengemudi.

Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Jung Woo Park mengatakan, lewat pameran ini, DCVI memang sengaja menghadirkan Mercedes-Benz Actros 3242 LS untuk membuktikan komitmen Mercedes dalam menghadirkan kendaraan komersial terbaik bagi pasar Indonesia.

"Actros merupakan representasi strategi produk yang futuristik dari Daimler. Kami yakin, produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat ini dan pada masa depan. Apalagi, line up ini telah memiliki rekam jejak yang baik dalam berbagai industri di dunia dan memang dirancang untuk memaksimalkan pertumbuhan bisnis pada konsumen Mercedes,” kata Jung Woo Park.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>