Rabu 11 Mar 2020 10:15 WIB

Rio Ferdinand Sindir Keluhan Mourinho

Ferdinand menilai hal itu hanya memperburuk mental skuat Tottenham Hotspur.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Rio Ferdinand(REUTERS/Edgar Su)
Foto: REUTERS/Edgar Su
Rio Ferdinand(REUTERS/Edgar Su)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan bek Manchester United (MU) Rio Ferdinand menyindir keluhan Jose Mourinho yang mengkambinghitamkan cedera pemain atas kekalahan Tottenham Hotspur dari RB Leipzig. Kekalahan yang terjadi pada Rabu, (11/3) dini hari WIB, membuat Tottenham tergusur dari Liga Champions.

Ferdinand menyayangkan keluhan Mourinho atas absennya sejumlah pemain. Ia menilai hal itu hanya memperburuk mental skuat. Tercatat, Spurs sudah melakoni enam laga di semua kompetisi tanpa kemenangan satu kali pun.

Baca Juga

"Anda seharusnya membangun kepercayaan diri tim. Ia malah bicara pergi ke peperangan tanpa peluru, apa itu berpengaruh pada mental pemain sepert Dele, Lucas Moura? Kepercayaan diri itu tidak hadir dari Jose. Anda bisa lihat sendiri pertandanya," kata Ferdinand dilansir dari BT Sports pada Rabu (11/3).

Ferdinand menyadari absennya Harry Kane, Son Heung-min, Steven Bergwijn, Moussa Sissoko, dan Davinson Sanchez memang berdampak besar pada Spurs. Namun menurutnya sudah jadi tugas Mou menemukan pemain pengganti yang tepat. "Kadang ada elemen yang terduga seperti itu (cedera). Tapi itulah tugas pelatih untuk mengambil keputusan di saat sulit," tegasnya.

photo
 
Jose Mourinho menghibur Luca Moura usai laga leg kedua perdelapan Final Liga Champions antara RB Leipzig melawan Tottenham Hotspur di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Rabu (11/3) dini hari WIB. - (Annegret Hilse/Reuters)

Ferdinand mengingatkan Mou agar lebih cerdas dalam memanfaatkan momen sesi latihan. "Pemain memang menonton konferensi pers, tapi lebih penting Anda memilih pemain atas hasil sesi latihan, tampaknya dia tak melakukan itu," lanjutnya.

Ferdinand mensinyalkan lebih memuji dan menghormati pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann. Pelatih berusia 32 tahun itu diberi julukan 'Mini Mourinho' karena mampu membawa Leipzig semakin jauh di kompetisi Liga Champions. "Jika Anda melihat pada pertandingan itu tanpa melihat siapa pelatihnya, Anda pasti tahu tim mana yang dilatih oleh orang yang lebih baik," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement