Kamis 19 Mar 2020 22:35 WIB

Galang Dana Corona Selebgram Rachel Vennya Tembus Rp 4 M

Rachel berhasil mengumpulkan Rp 4 miliar hanya dalam waktu dua hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Selebgram Rachel Vennya menggagas penggalangan dana untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus korona Covid-19 (Foto: selebgram, Rachel Vennya)
Foto: Instagram @rachelvennya
Selebgram Rachel Vennya menggagas penggalangan dana untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus korona Covid-19 (Foto: selebgram, Rachel Vennya)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebgram Rachel Vennya menggagas penggalangan dana untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus korona Covid-19. Pada Kamis (19/3), dana yang dia himpun lewat situs urun dana kitabisa.com telah mencapai Rp 3,98 miliar.

"Alhamdulillah, update hari ini terkumpul hampir Rp 4 miliar kurun waktu dua hari. Masya Allah, good people power. Donasi akan kami kirim dlm bentuk alat sanitasi ke RS rujukan covid-19 menyebar di seluruh Indonesia," ujarnya via akun Instagram @rachelvennya.

Baca Juga

Perempuan kelahiran Jakarta itu secara aktif mengajak warganet untuk berpartisipasi dan mengabarkan secara berkala progres donasi lewat media sosial. Rachel mengaku khawatiran menyimak berita tentang pasien serta korban jiwa Covid-19 di Indonesia.

Dia senang ketika pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial dan bekerja dari rumah. Namun, Rachel mendapati ada pihak yang masih rentan yakni pekerja medis serta orang-orang yang mata pencahariannya di sektor informal.

Itu sebabnya Rachel menggalang dana, guna menyediakan alat sanitasi untuk tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19. Dana juga akan digunakan untuk menyediakan paket sanitasi dan bantuan keseharian para pekerja sektor informal.

Dari dana pribadinya, Rachel pun menyumbang 1.000 pakaian dekontaminasi atau hazmaz suit ke 82 rumah sakit rujukan. Dia berharap bisa mengumpulkan lebih banyak donasi supaya dapat membeli alat tes corona, yang harus dibarengi set lab mumpuni.

"Aku ingin sekali donasi kita ini bisa sampai bikin set lab tersebut, maka mari kita lanjutkan donasi ini," ungkapnya.

Penggalangan dana juga dilakukan figur publik lain, salah satunya penyanyi Afgan. Lewat situs afganfund.com pelantun lagu "Sadis" itu sukses menghimpun dana Rp 156 juta dari 906 donatur per Kamis (19/3) yang terus bertambah.

Begitu pula Youtuber Atta Halilintar yang menggalang dana di kitabisa.com sejak 17 Maret 2020. Pada Kamis (19/3) sore, Atta sudah menghimpun dana lebih dari Rp 125 juta. Sama seperti Rachel, dia pun sangat khawatir mendapati situasi terkini akibat pandemi.

"Jangan pernah mikir 'Ah baru segitu aja korbannya'. Ingat guys, itu bukan cuma angka tapi nyawa saudara-saudara kita, belum lagi virus corona menyebarnya cepat banget," tulis Atta di kolom ajakan donasi pada situs.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement