Rabu 08 Apr 2020 23:19 WIB

Kisah Steven Gerrard Menjadi Kapten Liverpool

Steven Gerrard mengabdi bersama Liverpool selama 17 tahun sejak 1998.

Steven Gerrard saat menjuarai Piala Liga Inggris bersama Liverpool pada 2012.
Foto: REUTERS/Carl Recine
Steven Gerrard saat menjuarai Piala Liga Inggris bersama Liverpool pada 2012.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pada 28 Oktober 2007, Liverpool menjamu Arsenal di lanjutan Liga Inggris 2007/2008. Pelatih the Reds, Rafael Benitez memainkan Steven Gerrard sejak awal laga. Bagi Gerrard, laga itu begitu istimewa, karena untuk kali pertama legenda Liverpool ini menyandang ban kapten. 

Laga itu tercatat sebagai tanda 11 tahun penampilannya yang ke-400 bersama Liverpool. Gol cepatnya berhasil mengantar Liverpool unggul sementara. Persisnya pada menit ke-7 babak pertama setelah sepakannya berhasil merobek gawang the Gunners.

Namun, keunggulan tuan rumah ketika itu gagal membawa kemenangan karena pasukan Meriam London berhasil menyamakan skor pada menit ke-80. Terlepas dari hasil imbang tersebut, Gerrard justru mendapatkan berkah. Sejak saat itulah, pelatih Benitez memercayai Gerrard sebagai kapten untuk laga lanjutan Liverpool sampai dia pensiun dari Anfield.

Gerrard mengabdi bersama Liverpool selama 17 tahun sejak 1998. Dia memilih pensiun pada 2015 ketika hijrah ke LA Galaxy di Liga Amerika. Selama di Liga Inggris, ia tercatat 597 kali tampil. Tetapi sayang, selama pengabdiannya, Gerrard tak pernah mengantarkan Liverpool juara liga. Karier bergengsinya cuma sekali mengantarkan Liverpool juara Liga Champions 2004/2005.

Selama berseragam si Merah itu, Gerrard berhasil menyandang sejumlah prestasi individu, di antaranya ia pernah masuk hingga delapan kali ke dalam skuat Professional Footballers' Association (PFA) Team of the Year. Predikat ini menempatkan Gerrard sebagai satu-satunya pemain yang paling banyak masuk ke dalam daftar susunan pemain terbaik Inggris tersebut.

Lalu dari pentas internasional, namanya pernah tiga kali masuk ke dalam daftar pemain terbaik UEFA dan FIFA. Lalu, ia juga pernah menyandang predikat sebagai Pemain Terbaik 2006 versi PFA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement